TIPS PACKING

By Khatarina Dian

Category: GAYA NORDIK (Page 1 of 2)

Wisata Ke Sastamala Bagian Kedua : Berburu Troll Di Pirunvuori

Pilihlah jalur pendakian favoritmu! Gunung Iblis? Kastil Batu? Gua Terkutuk?

Hai packingmate semua! Tibalah saatnya artikel kedua tentang liburanku ke Sastamala, yaitu pendakian ke pegunungan Pirunvuori. Kalau kamu ingin membaca artikel pertama, cukup klik disini.

Guys, Finlandia itu musim panasnya pendek sehingga aku merasa waktu itu harus diisi dengan penjelajahan alam. Pokoknya pelesir ke daerah Skandinavia dan Nordik itu wajib hukumnya untuk main ke alamnya yang luar biasa. Puas deh kalo sudah jadi saksi kemegahan alam, udara yang segar, air dan beri-beriannya yang enak nan lezat. Dan jangan lupa : GRATIS!

Nah, kali ini aku menjelajah satu dari sekian banyak hutan-hutan pinusnya yang lebat menghijau dengan bebatuannya yang curam nan indah. Aku mendaki pegunungan Pirunvuori.

Read More

Berburu Oleh-Oleh & Pernik Murah Di Finlandia

Barang yang dijual di toko Euro Super, Helsinki

Postingan yang ini rasanya harus disembunyikan dari diriku sendiri sebagai insan penyuka barang murah nan imut, hehe. Masalahnya kalau sudah masuk toko aku pasti gatal pingin beli sesuatu. Tak peduli sampai rumah si barang terlupakan pokoknya kalau sudah lihat toko lucu pasti minimal aku sempatkan mampir. Sebuah tabiat buruk yang sudah dihafal suamiku.

Ngomong-ngomong tentang barang murah, sebenarnya ada tidak sih di Finlandia? Ada kalau standar murahnya dihitung dari kurs Euro juga. Bahkan percaya ga percaya, beberapa barang kadang murah juga kalau dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Read More

Wisata ke Sastamala Bagian Pertama : Gerejanya Olaf dari film Frozen ?

Cantik nian Vammala kala musim panas

Menulis artikel ini dengan laptop menghadap pemandangan sungai Kokemäenjoki, Sastamala, sungguh pengalaman yang tak ternilai harganya. Meski Helsinkipun tak kekurangan pemandangan hutan pinus, berkunjung ke daerah barat finlandia ini lebih unik dari perkiraan awalku. Sastamala memiliki area wisata ‘Gunung Setan’ yang menawan, Kastil Batu Pirunvuori, Camping Ground dan Gereja lawas St. Olaf adalah beberapa yang pernah aku kunjungi. Cuma tempat wisata?

Read More

Resep Pepes Jantung Ayam Tahu Teri A La Tipspacking

Pepes a la Finlandia yang dimasak di oven dan tidak dibentuk panjang pipih dengan daun pisang hihihi…

Pada dasarnya yang aku bikin ini bukan Pepes karena teknik masaknya beda jauh. Kalau Pepes harus dibungkus daun pisang dan dikukus atau dipanggang diatas arang. Tapi bumbu-bumbu yang aku pakai adalah bumbu Pepes semirip mungkin dengan bahan-bahan yang aku temukan di Finlandia, seperti biasa memakai substitute atau pengganti. Tekniknyapun aku pakai seadanya diapartemenku. Ada oven, ya pakai oven. Adanya mangkuk Souffle, ya pakai mangkuk itu.

Kenapa sih aku begitu getolnya memakai pengganti? Karena sedang berusaha mengurangi carbon footprint plus harganya lebih murah. Berusaha mengonsumsi apapun yang diproduksi locally dan sedang musim. Karena tinggalnya di Finlandia, akupun pakai yang ada di Finlandia aja. Pepes inipun rasanya tetap tajam buatku, enak kata temen-temen Indonesia yang tinggal disini. Jadi, cuss ah coba aja! Resep ini bisa disajikan untuk 7 orang dan cuma habis sekitaran 6 euro.

Read More

Baca Berita di Finlandia (Berbahasa Inggris)

Tahukah kamu bahwa sebuah Departement Store bernama Stockmann sengaja mencetak kertas pembungkus daging/ikannya sebagai koran?

Tahukah kamu bahwa sebuah Departement Store ternama, Stockmann, sengaja mencetak kertas pembungkus daging/ikannya sebagai koran?

Packingmate tercintah yang sudah mengenal aku secara pribadi pasti sudah pada tahu kalau aku tuh hobinya membaca. Iya hobi banget sampai taraf memilukan dimana orang-orang terdekatku sempat komplen kurang mendapat perhatianku (Padahal tiap orang butuh support fisik dan spiritual, eh).

Semuanya aku baca dari koran pembungkus tempe, jurnal kesehatan, sampai buku-buku tebal standar ensiklopedia itu (Walo enggak hafal isi semua buku, akhirnya aku bikin Cathy’s Book Club di Facebook demi mencari mereka yang maniak baca sepertiku). Nah sesampainya di Finlandia boleh dibilang agak mati gaya karena hampir semua tulisan berbahasa

Read More

Jangan Bawa 10 Benda Ini Ke Finlandia!

Bulu babi ini termasuk salah satu bahan makanan yang kutemukan di Market Hall di Helsinki

Bulu babi ini termasuk salah satu bahan makanan yang kutemukan di Market Hall di Helsinki

Ingat betapa Presiden Joko Widodo menjatuhkan hukuman mati bagi pengedar narkotika yang tertangkap awal tahun 2015 lalu? Nah seperti Indonesia, negara Finlandia juga memiliki larangannya sendiri bagi wisatawan yang ingin memasuki wilayahnya.

Read More

Tips Bertahan Menghadapi Dingin

“Winter is Coming”

– – – George R.R. Martin, A Game of Thrones

Salah satu kualitas dalam diri orang Finlandia yang sangat aku kagumi adalah insting luar biasa mereka untuk bertahan hidup dari dingin. Bukannya kuingin membandingkan dengan negara dingin lainnya, tapi kalau kuperhatikan disini hampir tak ada kasus orang tua yang meninggal karena dingin, sendirian di apartemen/rumah mereka seperti di negara-negara Timur Jauh. Berdasar pengamatanku, orang-orang Nordik ini memiliki pola pikir yang membantu mereka bertahan hidup (dengan bahagia) melawan salah satu musuh kehidupan: kegelapan, dingin yang luar biasa dan dingin yang lama. Kini aku akan bagikan beberapa ilmu bertahan dari dingin buat packingmate semua :

Read More

Cara Mudah Menggoreng Kerupuk di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Siapapun tahu kalau menggoreng dengan minyak yang banyak itu mudah, di Indonesia. Sementara kalau di Finlandia, jangan harap bisa sama seperti itu ya! Kenapa? Karena minyak goreng bekas adalah salah satu limbah yang paling berbahaya. Masyarakat di Finlandia amat peduli lingkungan dan pembuangan limbah minyak memiliki prosedur rumit yang bikin capek jiwa raga.

Read More

Radio Keren di Finlandia

Ide untuk menulis artikel ini muncul saat kami mengadakan perjalanan jauh kami yang pertama. Suami terinspirasi untuk mencari memutar-mutar kenop radio dimobil dan kami mendapati bahwa hanya beberapa stasiun yang suaranya stabil meski sudah keluar dari ibukota, Helsinki. Sembari menikmati pemandangan ladang berselimut salju, kami menikmati suara jernih  Ed Sheeran dari radio. Yap, ini dia radio-radio keren yang mengudara disekitaran Helsinki ceria!

Read More

Seorang Katolik di Finlandia

Gereja Katedral Helsinki

Bagi pembaca yang beragama katolik dan tinggal di Indonesia seperti saya, pasti hal- hal ini sudah

Read More

Page 1 of 2

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén