TIPS PACKING

By Khatarina Dian

Category: HASIL KARYA CIPTA (Page 1 of 2)

Resep Bread Roll/ Bun atau Sämpylä Khas Finlandia By Khatarina Dian

Roti khas Finland yang cocok juga buat diet sehat.

Resep ini sebenarnya gampang banget dan kerja kerasnya paling cuma 15 menit. Paling lama sih nunggunya aja hahaha!

Kesulitannya kalau di Indonesia mungkin menemukan tepung-tepungnya yang sukar ditemukan di toko biasa. Setahuku bisa ditemukan di online shop.

Aku menggabungkan 2 tipe tepung agar teksturnya lebih halus dan nggak terlalu berasa seperti karton yang keras. 

Read More

Ikan Herring Goreng Bumbu Rempah a la Tipspacking

Ikan Herring, disebut juga Silakka dalam bahasa Finlandia

Postingan ini hampir saja menghilang dari ingatanku karena kesibukan. Untung kebiasaan me time tiap hari minggu memunculkan kembali hasrat untuk menuliskannya. Ikan herring yang amisnya kuat ini luar biasa sedapnya kalau dipadu dengan rempah khas Indonesia. Sebagai informasi aja kalau konsumsi ikan herring ini dibatasi karena mengandung sekian persen racun lingkungan. Tapi memang ikan ini munculnya musiman aja jadi nggak masalah buatku. 

Read More

Kue Angku a la Tipspacking

Kue Angku Rasa Pandan

Resep ini aku kembangkan berdasar Yani Cakes di Youtube. Personally aku suka sama yang begini soalnya bisa ngetes bahan-bahan pengganti trus endingnya enak nan kenyal melebihi ekspektasiku. Misalnya :

  1. Daun pisang diganti dengan kertas baking.
  2. Santan diganti susu ringan tanpa laktosa khusus yang tidak berasa manis
  3.  Isian kacang hijau diganti selai ubi ungu yang manisnya alami dan lebih bergizi.

Read More

Steak Rempah A La Kivistö’s

Steak Rempah a la the Kivistös

Resep steak ini ini cukup untuk 2 porsi, beraroma rempah dan Rare Medium.

Bahan – bahan :

  • 375 gr Daging Sapi Sisäpaisti/ Sirloin
  • 3 sdm Oivariini yaitu gabungan margarine & butter (put in micro for 10 second) + 1 sendok putih garlic flakes (crushed into powder) aduk rata lalu taruh dikulkas dalam wadah tertutup. Inilah Garlic Oivarini dingin a la kami 😉

Read More

Resep Pepes Jantung Ayam Tahu Teri A La Tipspacking

Pepes a la Finlandia yang dimasak di oven dan tidak dibentuk panjang pipih dengan daun pisang hihihi…

Pada dasarnya yang aku bikin ini bukan Pepes karena teknik masaknya beda jauh. Kalau Pepes harus dibungkus daun pisang dan dikukus atau dipanggang diatas arang. Tapi bumbu-bumbu yang aku pakai adalah bumbu Pepes semirip mungkin dengan bahan-bahan yang aku temukan di Finlandia, seperti biasa memakai substitute atau pengganti. Tekniknyapun aku pakai seadanya diapartemenku. Ada oven, ya pakai oven. Adanya mangkuk Souffle, ya pakai mangkuk itu.

Kenapa sih aku begitu getolnya memakai pengganti? Karena sedang berusaha mengurangi carbon footprint plus harganya lebih murah. Berusaha mengonsumsi apapun yang diproduksi locally dan sedang musim. Karena tinggalnya di Finlandia, akupun pakai yang ada di Finlandia aja. Pepes inipun rasanya tetap tajam buatku, enak kata temen-temen Indonesia yang tinggal disini. Jadi, cuss ah coba aja! Resep ini bisa disajikan untuk 7 orang dan cuma habis sekitaran 6 euro.

Read More

Traveling Pas Lagi Bokek

FunBokek itu nggak punya uang, packingmate sekalian. Lantas gimana caranya mau pelesir kalau tak ada uang? Jangan bimbang jangan ragu,kali ini aku bagi beberapa cara main keluar kota meski lagi ga ada uang.

Read More

Tips Bertahan Menghadapi Dingin

“Winter is Coming”

– – – George R.R. Martin, A Game of Thrones

Salah satu kualitas dalam diri orang Finlandia yang sangat aku kagumi adalah insting luar biasa mereka untuk bertahan hidup dari dingin. Bukannya kuingin membandingkan dengan negara dingin lainnya, tapi kalau kuperhatikan disini hampir tak ada kasus orang tua yang meninggal karena dingin, sendirian di apartemen/rumah mereka seperti di negara-negara Timur Jauh. Berdasar pengamatanku, orang-orang Nordik ini memiliki pola pikir yang membantu mereka bertahan hidup (dengan bahagia) melawan salah satu musuh kehidupan: kegelapan, dingin yang luar biasa dan dingin yang lama. Kini aku akan bagikan beberapa ilmu bertahan dari dingin buat packingmate semua :

Read More

Cara Mudah Menggoreng Kerupuk di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Siapapun tahu kalau menggoreng dengan minyak yang banyak itu mudah, di Indonesia. Sementara kalau di Finlandia, jangan harap bisa sama seperti itu ya! Kenapa? Karena minyak goreng bekas adalah salah satu limbah yang paling berbahaya. Masyarakat di Finlandia amat peduli lingkungan dan pembuangan limbah minyak memiliki prosedur rumit yang bikin capek jiwa raga.

Read More

Musim Semi Pertamaku di Finlandia : Sebuah Pernyataan Cinta

Puisi Aaro

Tahun ini merupakan musim semi pertamaku di Finlandia. Tahun pertamaku menetap disebuah negara yang memiliki 4 musim. Bagaimana perasaanku akan pergantian musim itu? Sedikit kewalahan? Sejujurnya, lebih dari kewalahan. Khatarina merasa terinspirasi! Finlandia yang menjaga alamnya cantik, asri nan bersih menggelar tontonan luar biasa bagiku. Berbagai jenis burung kicau, angsa, lebah, bunga, bahkan rumput yang seakan muncul entah darimana. Beberapa tampil lama hingga musim panas, lainnya menghilang untuk muncul lagi di tempat berbeda.

Aku hampir merasa frustasi karena semuanya begitu indah dan menawan hati, namun begitu cepat berlalu. Sebisanya aku foto, rekam sebagai video, puisikan dan dokumentasikan diberbagai media sosial seakan bagai jembatan penghubung bagi teman, keluarga serta sahabat di Tanah Air dan di berbagai belahan bumi lainnya. Bermacam-macam foto aku munculkan di Instagram dan Tumblr, videonya  kubagikan di Youtube, dan di blog ini.

Read More

Apa yang terjadi pada Harry Potter setelah buku ke-7 ?

…. For my love of reading….

J.K Rowling berbagi cerita terbaru Pottermore.com secara eksklusif kepada TODAY.com. Ditulis dari sudut pandang salah satu tokoh rekaan dalam Harry Potter yaitu wartawan gosip Daily Prophet, Rita Skeeter, postingan ini

Read More

Page 1 of 2

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén