By Khatarina Dian

Category: HASIL KARYA CIPTA Page 1 of 2

Terjemahan, buah pemikiran, dan coretan tangan saya

Resep Bubur Semolina: Bahan Makanan yang religius!

And he humbled you and let you hunger and fed you with manna, which you did not know, nor did your fathers know, that he might make you know that man does not live by bread alone, but man lives by every word that comes from the mouth of the Lord.

Deuteronomy 8:3

Ide bahan makanan yang relijius ini sebenarnya malah terinspirasi oleh postingan tentang Kue Klepon yang mendadak viral. Kenapa terkenal? Sila di-google saja. Aku males disebut clickbait ah! Intinya Klepon dianggap sebagai kue yang tidak relijius sementara kurma dibilang lebih relijius. Makanya aku mau membagikan resep bubur Manna yang terbuat dari Semolina yang kalo menurutku relijius karena muncul di Kitab Suci. Benarkah bahan yang relijius? Hanya Tuhan Yang Maha Tahu yang tahu.

Resep Clean Eating : Bolu Pisang dan Wortel Kukus (Glutenfree) (Less Sugar)

Pisang kematengan enggak ada yang makan tapi sayang kalo dibuang? Gampang kalau aku sih, jadikan kue aja. Kebetulan keluarga di Finlandia suka minum teh dan ngopi pada pagi dan sore hari. Pisang yang kematengan itu sempurna sekali untuk baking apapun. Keluar dari oven atau kukusan, kuenya pasti wangiiii banget! Cuss langsung masak!

Perkiraan waktu masak : 40 menit

Tingkat kesukaran: Mudah

KAALIKÄÄRYLEET : LUMPIA KUBIS ala Finlandia

Beginilah tampilan meja makan orang Finlandia kala musim panas. Lumpia Kubis yang khas dengan kentang segar direbus lalu diberi Dill, mentega murni sebagai olesan kentang, ikan asap dan selai. Selai lingonberry, disebut puolukkahillo dalam bahasa Suomi, juga ada sebenarnya tapi fotonya terpotong hehe.. Jangan sedih, detilnya sudah aku tambahkan di bawah sana. Bacalah hingga tuntas! 🙂

Finding A Tasty Tempe in Finland

This is what a traditional javanese dining table looks like. Fried Tempe, rice (being cut out from the photo), jackfruit Gulai, deep-fried-eels, fried chicken intestines, raw cucumber, and other humble side dishes. Anything you can find in the rice field are fried, boiled or eaten raw. Shortly: a decadent farmer’s meal. Simple, humble but filling.

Resep Bread Roll/ Bun atau Sämpylä Khas Finlandia By Khatarina Dian

Roti khas Finland yang cocok juga buat diet sehat.

Resep ini sebenarnya gampang banget dan kerja kerasnya paling cuma 15 menit. Paling lama sih nunggunya aja hahaha!

Kesulitannya kalau di Indonesia mungkin menemukan tepung-tepungnya yang sukar ditemukan di toko biasa. Setahuku bisa ditemukan di online shop.

Aku menggabungkan 2 tipe tepung agar teksturnya lebih halus dan nggak terlalu berasa seperti karton yang keras. 

Ikan Herring Goreng Bumbu Rempah a la Tipspacking

Ikan Herring, disebut juga Silakka dalam bahasa Finlandia

Postingan ini hampir saja menghilang dari ingatanku karena kesibukan. Untung kebiasaan me time tiap hari minggu memunculkan kembali hasrat untuk menuliskannya. Ikan herring yang amisnya kuat ini luar biasa sedapnya kalau dipadu dengan rempah khas Indonesia. Sebagai informasi aja kalau konsumsi ikan herring ini dibatasi karena mengandung sekian persen racun lingkungan. Tapi memang ikan ini munculnya musiman aja jadi nggak masalah buatku. 

Kue Angku a la Tipspacking

Kue Angku Rasa Pandan

Resep ini aku kembangkan berdasar Yani Cakes di Youtube. Personally aku suka sama yang begini soalnya bisa ngetes bahan-bahan pengganti trus endingnya enak nan kenyal melebihi ekspektasiku. Misalnya :

  1. Daun pisang diganti dengan kertas baking.
  2. Santan diganti susu ringan tanpa laktosa khusus yang tidak berasa manis
  3.  Isian kacang hijau diganti selai ubi ungu yang manisnya alami dan lebih bergizi.

Steak Rempah A La Kivistö’s

Steak Rempah a la the Kivistös

Resep steak ini ini cukup untuk 2 porsi, beraroma rempah dan Rare Medium.

Bahan – bahan :

  • 375 gr Daging Sapi Sisäpaisti/ Sirloin
  • 3 sdm Oivariini yaitu gabungan margarine & butter (put in micro for 10 second) + 1 sendok putih garlic flakes (crushed into powder) aduk rata lalu taruh dikulkas dalam wadah tertutup. Inilah Garlic Oivarini dingin a la kami 😉

Resep Pepes Jantung Ayam Tahu Teri A La Tipspacking

Pepes a la Finlandia yang dimasak di oven dan tidak dibentuk panjang pipih dengan daun pisang hihihi…

Pada dasarnya yang aku bikin ini bukan Pepes karena teknik masaknya beda jauh. Kalau Pepes harus dibungkus daun pisang dan dikukus atau dipanggang diatas arang. Tapi bumbu-bumbu yang aku pakai adalah bumbu Pepes semirip mungkin dengan bahan-bahan yang aku temukan di Finlandia, seperti biasa memakai substitute atau pengganti. Tekniknyapun aku pakai seadanya diapartemenku. Ada oven, ya pakai oven. Adanya mangkuk Souffle, ya pakai mangkuk itu.

Kenapa sih aku begitu getolnya memakai pengganti? Karena sedang berusaha mengurangi carbon footprint plus harganya lebih murah. Berusaha mengonsumsi apapun yang diproduksi locally dan sedang musim. Karena tinggalnya di Finlandia, akupun pakai yang ada di Finlandia aja. Pepes inipun rasanya tetap tajam buatku, enak kata temen-temen Indonesia yang tinggal disini. Jadi, cuss ah coba aja! Resep ini bisa disajikan untuk 7 orang dan cuma habis sekitaran 6 euro.

Traveling Pas Lagi Bokek

FunBokek itu nggak punya uang, packingmate sekalian. Lantas gimana caranya mau pelesir kalau tak ada uang? Jangan bimbang jangan ragu,kali ini aku bagi beberapa cara main keluar kota meski lagi ga ada uang.

Page 1 of 2

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén