And he humbled you and let you hunger and fed you with manna, which you did not know, nor did your fathers know, that he might make you know that man does not live by bread alone, but man lives by every word that comes from the mouth of the Lord.

Deuteronomy 8:3

Ide bahan makanan yang relijius ini sebenarnya malah terinspirasi oleh postingan tentang Kue Klepon yang mendadak viral. Kenapa terkenal? Sila di-google saja. Aku males disebut clickbait ah! Intinya Klepon dianggap sebagai kue yang tidak relijius sementara kurma dibilang lebih relijius. Makanya aku mau membagikan resep bubur Manna yang terbuat dari Semolina yang kalo menurutku relijius karena muncul di Kitab Suci. Benarkah bahan yang relijius? Hanya Tuhan Yang Maha Tahu yang tahu.

Aku malah tidak tahu sebelumnya tentang tepung ini saat kuliah di kampus masak di Finlandia. Saat memakan beberapa macam bubur dan penganan yang terbuat dari tepung Semolina, sungguh tidak kepikiran bahwa inilah yang dimaksud Manna dalam Alkitab dan Alquran. Bu Dosen yang memberitahukan kepada kami tentang sejarah dan asal mula Tepung Manna yang di Finlandia disebut Mannasuurimo yang artinya Semolina. Semolina ini dalam bahasa Spanyol disebut Sémola, Griesmeel dalam bahasa Belanda dan Grieß dalam bahasa Jerman.

Aku beli 1 kg Semolina ini tahun 2018 lalu hingga sekarang belum habis!

Jadi Tepung Manna yang kadang disebut Semolina ini banyak ditemukan di market serta supermarket manapun di negara Finlandia. Semolina adalah bagian tengah dari tanaman gandum jenis Durum yang biasanya dipakai untuk membuat pasta dan couscous. Teksturnya masih kasar dan murni. Di Finlandia, kadang mertuaku bikin bubur dari Manna yang dinamakan Vispipuuro yang rasanya manis tapi light banget. Sementara di negara-negara seperti Romania, Jerman dan Hungaria Semolina biasanya dijadikan kudapan yang rasanya gurih.

Tekstur semolina kasar dan warnanya agak kekuningan. Baunya mirip bau madu.

Cara masak bubur Manna atau Semolina ini hampir mirip dengan cara masak bubur Tepung beras biasa yang di Jawa Timur disebut Bubur Sumsum. Hanya saja aroma dan rasa Bubur Manna ini nanti lebih mirip madu, tidak mirip kelapa atau pandan. Kamu yang tinggal di Indonesia bisa membeli tepung semolina di toko online.

So, bahan-bahan yang dibutuhkan cuma 3 : 0,75 dl Tepung Manna, 5 dl Susu Cair dan 1/4 sdt Garam.

Alatnya cuma kompor, panci anti lengket dan spatula.

Waktu masak kira-kira 25 menit

Dan resep ini cukup untuk 2 porsi bubur.

Cara Masak :

  1. Didihkan susu di atas kompor pada suhu medium. Hati-hati jangan ditinggal yaa. Susu segar mudah panas dan terbakar. Harus sering diaduk agar lapisan bawahnya tidak mengental.
  2. Begitu susu hampir mendidih, segera taburkan tepung Manna dan segera aduk hingga cairan berkurang dan bubur terbentuk. Tahap ini makan waktu kira-kira 6 – 7 menit. Di menit-menit awal, pengadukannya bisa diselang seling. Tapi begitu masuk menit ke 4, pengadukannya harus semakin merata dan cepat. Bahkan kompor harus diturunkan suhunya agar bubur tidak gosong.
Maaf fotonya buram, yang penting kefoto ya packingmate sekalian! Mohon dimaklumi!
  • Turunkan suhu kompor! Jadi kalau komporku punya suhu 1 (terendah) – 6 (yg terpanas), pencet ke suhu terendah di 1. Masukkan garam dan aduk kembali selama semenit.
  • Siap dihidangkan dengan selai favorit keluarga! Ohya, dinikmati begitu saja tanpa selai atau madu, enak juga! Di negara Inggris, bubur ini bisa disajikan dengan gula, kayu manis, bubuk coklat, buah, sirup dan kismis.
Bubur Semolina sudah matang!

Kalo menurutku, bubur Manna ini mirip bubur Sumsum. Tinggal ganti 2 bahan saja yaitu tepung dan susunya. Cara menyimpannya-pun kurang lebih sama, tinggal dimasukkan wadah kedap udara lalu masuk kulkas kalau memang terpaksa atau harus habis dalam waktu 24 jam setelah matang. Hanya saja bubur ini dimakan tanpa kuah santan. Kamu mau makan bubur ini dengan santan? Silakan saja! Haha! Mungkin lebih jadi Bubur Manna dengan kearifan lokal 🙂 Kenapa tidak!

Rasa bubur Manna gimana? Agak manis. Aku yang penyuka rasa tepung, suka mengunyahnya tanpa selai atau topping apapun. Aroma-nya mirip madu dan teksturnya lengket padat sehingga banyak orang di Finlandia yang kalau sedang berusaha diet akan memasak bubur Manna ini tentunya dengan mengganti susunya yang tipe susu Non-fat atau susu yang terbuat dari bahan Nabati. Ini adalah makanan yang umum diberikan kepada anak-anak saat sarapan di meja-meja makan orang Finlandia di pagi hari. Mengenyangkan, empuk, cepat dan gampang bikinnya!

Mau video masak lengkap dan icip-icipnya? Klik saja Ini! Kamu akan dibawa ke akun Youtube ‘Finlandia dan Aku’ yang berisi video masak, travel dan kehidupan di Finlandia.

SUMBER :

  1. Terinspirasi resep berbahasa Finlandia pada kemasan tepung Manna bermerek Myylyn Paras
  2. Telah dipraktekkan oleh admin = Khatarina Puspitasari, orang Indonesia yang lahir di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia. Dia adalah koki lulusan kampus Suomen Diakoniaopisto di Helsinki. Bekerja di satu-satunya restoran milik Chef kenamaan, Jamie Oliver di Finlandia yang bernama: Jamie’s Deli, terletak di Bandara Internasional Helsinki-Vantaa. Dapurnya adalah dapur standar country house dengan 1 oven, 4 pengapian dan 1 penyedot udara/exhaust hood.
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Semolina
  4. https://www.openbible.info/