Pisang kematengan enggak ada yang makan tapi sayang kalo dibuang? Gampang kalau aku sih, jadikan kue aja. Kebetulan keluarga di Finlandia suka minum teh dan ngopi pada pagi dan sore hari. Pisang yang kematengan itu sempurna sekali untuk baking apapun. Keluar dari oven atau kukusan, kuenya pasti wangiiii banget! Cuss langsung masak!

Perkiraan waktu masak : 40 menit

Tingkat kesukaran: Mudah

Alat-alat yang paling diperlukan : Blender, Loyang, Panci kukusan, kertas baking dan kompor.

Bahan-bahan :

8 sdm Oats instan plain. Di Indonesia bisa pakai Quaker Oats tanpa rasa.

2 buah pisang Cavendis matang sekali

3 butir telur

1 buah wortel, 1/2 parut panjang dan 1/2 potong dikukus bersama selama 15 menit

1/2 sdt kayu manis bubuk

3 sdm gula kelapa halus (saya pakai yang organik. Detilnya ada dibagian bawah di kolom “Sumber”). Bisa diganti dengan gula palem.

1/2 sdt soda kue

1/4 sdt garam halus

Cara masak :

  1. Bentuk kertas baking diatas cetakan, saya pakai cetakan Loyang Roti Sobek (ukuran 16,5x6x6,5). Kertas ini nanti akan membuat kue mudah di angkat dari cetakan dan mengurangi cucian 😉
  2. Panaskan kukusan pada panas medium.
  3. Kupas wortel, belah jadi dua. Parut setengahnya dan potong kotak yang setengahnya lagi. Kukus selama 15 menit. Sisihkan.
  4. Blender Oats, Pisang, telur, wortel potong, kayu manis, dan gula kelapa.
  5. Cek dulu apakah kukusan sudah benar-benar mendidih.
  6. Bila sudah, segera masukkan garam dan soda kue ke dalam adonan, aduk cepat lalu langsung tuang ke cetakan. Tabur parutan wortel diatasnya.
  7. Langsung masukkan kukusan.
  8. Tunggu selama kurang lebih 35 menit. Cek setelah menit ke 30 dengan tusukan lidi/tusuk sate.
  9. Kue bolu telah matang bila kue tidak terasa terlalu berair dan menempel. Angkat dari kukusan.
  10. Diamkan beberapa saat, kue bolu siap disantap saat panas maupun dingin.

Mudah bukan?! Kalau masih bingung, aku taruh videonya di channel youtube: Finlandia Dan Aku.

Cara menyimpan Kue Bolu ini, taruh beserta kertas bakingnya dan masukkan plastik kedap udara. Lantas masukkan ke kulkas. Kue ini bisa bertahan hingga 5 hari ( walau dirumahku, nggak sampai 3 hari biasanya sudah habis hahaha!)

Sumber :

  1. Terinspirasi resep milik Youtuber, Maya Damamain, telah dipraktekkan oleh admin = Khatarina Puspitasari, orang Indonesia yang lahir di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia. Dia adalah koki lulusan kampus Suomen Diakoniaopisto di Helsinki. Bekerja di satu-satunya restoran milik Jamie Oliver di Finlandia, Jamie’s Deli, di Bandara Internasional Helsinki-Vantaa. Dapurnya adalah dapur standar country house dengan 1 oven, 4 pengapian dan 1 penyedot udara/exhaust hood.
  2. Oats yang dipakai di resep ini https://www.myllynparas.fi/tuotteet/kaurahiutale-1-kg tapi untuk di Indonesia bisa pakai merk apapun.
  3. Gula kelapa https://www.urtekram.fi/Ruoka/leivonta/kookossokeri/