By Khatarina Dian

Tag: RESEP INDONESIA

Resep Clean Eating : Bolu Pisang dan Wortel Kukus (Glutenfree) (Less Sugar)

Pisang kematengan enggak ada yang makan tapi sayang kalo dibuang? Gampang kalau aku sih, jadikan kue aja. Kebetulan keluarga di Finlandia suka minum teh dan ngopi pada pagi dan sore hari. Pisang yang kematengan itu sempurna sekali untuk baking apapun. Keluar dari oven atau kukusan, kuenya pasti wangiiii banget! Cuss langsung masak!

Perkiraan waktu masak : 40 menit

Tingkat kesukaran: Mudah

Ikan Herring Goreng Bumbu Rempah a la Tipspacking

Ikan Herring, disebut juga Silakka dalam bahasa Finlandia

Postingan ini hampir saja menghilang dari ingatanku karena kesibukan. Untung kebiasaan me time tiap hari minggu memunculkan kembali hasrat untuk menuliskannya. Ikan herring yang amisnya kuat ini luar biasa sedapnya kalau dipadu dengan rempah khas Indonesia. Sebagai informasi aja kalau konsumsi ikan herring ini dibatasi karena mengandung sekian persen racun lingkungan. Tapi memang ikan ini munculnya musiman aja jadi nggak masalah buatku. 

Kue Angku a la Tipspacking

Kue Angku Rasa Pandan

Resep ini aku kembangkan berdasar Yani Cakes di Youtube. Personally aku suka sama yang begini soalnya bisa ngetes bahan-bahan pengganti trus endingnya enak nan kenyal melebihi ekspektasiku. Misalnya :

  1. Daun pisang diganti dengan kertas baking.
  2. Santan diganti susu ringan tanpa laktosa khusus yang tidak berasa manis
  3.  Isian kacang hijau diganti selai ubi ungu yang manisnya alami dan lebih bergizi.

Cara Mudah Menggoreng Kerupuk di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Memasak kerupuk tanpa minyak di Finlandia

Siapapun tahu kalau menggoreng dengan minyak yang banyak itu mudah, di Indonesia. Sementara kalau di Finlandia, jangan harap bisa sama seperti itu ya! Kenapa? Karena minyak goreng bekas adalah salah satu limbah yang paling berbahaya. Masyarakat di Finlandia amat peduli lingkungan dan pembuangan limbah minyak memiliki prosedur rumit yang bikin capek jiwa raga.

Powered by WordPress & Theme by Anders Norén