FunBokek itu nggak punya uang, packingmate sekalian. Lantas gimana caranya mau pelesir kalau tak ada uang? Jangan bimbang jangan ragu,kali ini aku bagi beberapa cara main keluar kota meski lagi ga ada uang.

Percaya gak percaya, pelesir memang membuat seseorang semakin produktif loh. Sudah bertahun-tahun berbagai penelitian membuktikannya. Jadi kalau tak punya uang, minimal luangkan waktu untuk menyegarkan pikiran dari keseharian yang biasanya menimbulkan titik jenuh. Mau tau beberapa ide dariku?

  1.  Ambil pekerjaan yang membutuhkan perjalanan ke luar kota. Selain menjadi nilai tambah karena packingmate punya inisiatif, pemandangan luar kota ini bisa jadi obat penghilang jenuh suasana kantor, lagipula bertemu dengan orang baru menambah wawasan kita.
  2.  Ajukan diri untuk menjadi tour guide bagi teman/ saudara dari luar kota. Dulu aku bergabung di sebuah komunitas travel internasional dan menyediakan waktu untuk keliling kota kecilku bersama mereka. Kuajak teman-teman baruku itu ke pantai, mengunjungi taman dan tempat ibadah setempat. Aku jadi punya alasan untuk jalan-jalan sekaligus mengunjungi berbagai tempat lebih sering lagi. Misalnya tempat ibadah umat agama lain, museum yang biasanya dianggap kurang ‘keren’ buat bergaul, sawah, sungai dan bukit mini yang biasanya cuma buat anak TK.
  3.  Tak perlu jauh-jauh, kamu bisa piknik ke taman kota dengan membawa makanan dan minuman dari rumah. Cukup jalan kaki, ajak keluarga ke taman, bukit, sawah atau sungai bersih dekat rumah.
  4.  Baca lagi buku fantasi dan nonton lagi film bergenre fantasi favoritmu. Percaya atau tidak, buku dan film yang berkualitas selalu memiliki detil baru yang bisa kita nikmati. Menemukan percakapan yang pintar dan adegan ekstra di akhir kredit tuh amat memuaskan!
  5.  Kunjungi kakek/ nenek / paman/ saudara dan teman lama yang sudah lama tidak bersua. Selain mempererat hubungan kekeluargaan, mereka  pasti senang mendapat kunjungan kita. Keluarga yang diluar kota ini sudah pasti mengharap-harap kunjungan kita loh. Bayangkan menjelajah gunung dan sawah, mungkin mall baru dikota mereka atau nonton hiburan setempat seperti lomba layang, mandi di sungai atau cuma main catur lawan kakek. Semuanya berisi kegiatan baru yang jauh dari keseharianmu. Aku sendiri selalu menunggu-nunggu libur kala aku bisa mancing ikan dikolam pamanku di desa. Ikan lele disana selalu melompat dari genggamanku. Pokoknya seru!
  6.  Bikin jurnal alam. Awan berbentuk kuda, angin sepoi-sepoi beraroma kotoran kuda, dan sebiji apel terlihat mulai menghijau di balik jendela. Hari berikutnya awan berbentuk serat kapas, angin hampir nggak bertiup dan sebagainya. Jurnal alam ini hanya perlu kertas, pensil atau pulpen dan kontemplasi. Murah meriah bukan?! Meningkatkan fungsi kelima indra kita tuh sudah termasuk pelesir, menurut aku sih. Hihihi..
  7. Cari tempat rekreasi gratis dikotamu melalui Google. Hanya dengan mengetik “tempat wisata gratis di kota/desa ..<nama tempat tinggalmu>…” dan perhatikan hasil pencarian. Kamu akan menemukan lebih banyak dari sebelumnya karena sekarang hampir semua orang aktif di media sosial dan semuanya hampir pasti suka jalan-jalan. Entah itu museum, jembatan, bukit, taman skateboard, dan sebagainya yang kesemuanya pasti punya banyak hal yang bisa dilakukan dengan gratis.
  8. Ajak teman/saudara yang mau diajak jalan-jalan dan bisa diajak patungan biaya bensin, misalnya. Atau buat yang rada suka berpetualang, coba aja mencari tumpangan mobil lewat ke arah tujuanmu.
  9. Menjadi sukarelawan organisasi sosial. Selain jalan-jalan, packingmate juga bisa membantu sesama. Yap! Sekali dayung dua tiga pulau terlampaui.
  10. Kemping atau tidur dalam perjalanan malam bisa juga jadi pilihan. Bahkan kalau mau sangat nekad, beberapa orang memilih untuk tidur di beberapa tempat ibadah demi bisa bepergian wisata super murah. Memang kurang begitu nyaman tapi memang beggars can’t be choosers, bukan begitu?!

Kamu punya ide traveling saat lagi nggak punya uang? Aku pingin dengar ide darimu, packingmate sekalian!

 

SUMBER :

– Pengalaman pribadi

– 200 Free summer activities for kids, www.thejennyevolution.com

– www.hippie-inheels.com