Tahukah kamu bahwa sebuah Departement Store bernama Stockmann sengaja mencetak kertas pembungkus daging/ikannya sebagai koran?

Tahukah kamu bahwa sebuah Departement Store ternama, Stockmann, sengaja mencetak kertas pembungkus daging/ikannya sebagai koran?

Packingmate tercintah yang sudah mengenal aku secara pribadi pasti sudah pada tahu kalau aku tuh hobinya membaca. Iya hobi banget sampai taraf memilukan dimana orang-orang terdekatku sempat komplen kurang mendapat perhatianku (Padahal tiap orang butuh support fisik dan spiritual, eh).

Semuanya aku baca dari koran pembungkus tempe, jurnal kesehatan, sampai buku-buku tebal standar ensiklopedia itu (Walo enggak hafal isi semua buku, akhirnya aku bikin Cathy’s Book Club di Facebook demi mencari mereka yang maniak baca sepertiku). Nah sesampainya di Finlandia boleh dibilang agak mati gaya karena hampir semua tulisan berbahasa Finlandia. Kalaupun berbahasa Inggris, ternyata isinya kurang *hacep, wahay packingmate semua!

Untung tak dibawa kemana, dari sebuah grup di media sosial aku menemukan tautan berita lokal Finlandia yang berbahasa Inggris. Yap, ini dia aku bagi ke packingmate semua yang ingin membaca berita berbahasa Inggris secara daring.

  1. Finland Times, adalah website berita yang menurutku paling menyerupai koran asli. Ada liputan berita lokal Finlandia, internasional, cuaca, dan semacamnya layaknya koran biasa. Yang paling mengesankan mungkin adalah rubrik kartunnya yang kritis. Sangat menyenangkan menikmati kritikan yang kreatif nan enak dijadikan bahan obrolan ngopi. Meski tentu saja kita harus memahami kondisi politis sosial yang sedang terjadi di Finlandia untuk dapat memahami guyonannya. Ah dan satu lagi pujian buat Finland Times, koran daring yang satu ini = TERKINI. Sebuah sumber berita yang mengajak kita jeli? Yes!
  2. Helsinki Times, lumayan banget dengan halaman yang cukup bersih dari iklan, kolom-kolom yang kecil dan praktis. Saking sederhananya aku pikir bentuknya hampir semungil blogku ini , EHEM. Namun bagian Kolomnya bagiku adalah yang terbaik. Fakta bahwa pihak editorial memutuskan untuk menampilkan berbagai sudut pandang (yang sudah diedit pada level tertentu) sungguh menyegarkan!
  3. Trade Union News, merupakan website yang tampilannya amat sederhana bila dibandingkan dengan yang lainnya. Bila dilihat-lihat website ini agak diabaikan sejak 2013 dan beralih kesebuah alamat berita berbahasa Suomi. Nah, TUN ini mengkhususkan diri untuk menyebarkan berita tentang pergerakan perkumpulan perdagangan. Sejujurnya, aku nggak tahu TUN ini tentang apa kecuali banyak sekali tulisan mengenai hak pekerja.
  4. What’s Up Finland, disingkat WUF, sebuah situs berita yang menurutku paling berpihak pada imigran dibanding situs berita lain yang aku sebutkan disini. Ia membagikan berbagai tips dan kenyataan (agak) pahit tentang mereka yang memutuskan untuk pindah ke Finlandia. Membagikan juga data kursus-kursus bahasa Suomi serta berbagai budaya lokal yang amat perlu kita ketahui. Sayangnya saat ini entah mengapa websitenya tidak dapat dibuka.
  5. Finnbay, serupa dengan Helsinki Times tapi tampilannya lebih kacau karena iklannya memenuhi halaman pertama begitu kita membukanya. Beritanya tidak hanya tentang Finlandia sih, lebih ke gabungan antara Buzzfeed dan Jawa Pos dengan Radar-Radarnya yang mencakup kabupaten-kabupaten di Indonesia. Judul beritanya agak terlalu bombastis yang membuatku berpikir bahwa mereka tidak terlalu sering memperbarui beritanya. Belum lagi tuntutannya untuk membuat kita berlangganan. Not my all-time-favourite!
  6. Finland Today, yang selalu memerlukan kontributor baru, juga merupakan salah satu favoritku. Halamannya bersih dari iklan, judul-judul artikel yang realistis, konten yang cukup up-to-date dan tak gentar menelurkan artikel-artikel yang singkat. Kurasa bagi pembaca yang sedang berada di Indonesia, Finland Today lebih cocok karena sangat responsif. Bisa dibilang hampir sempurna bila dinilai dari fitur Pencarian, Komentar, Artikel Terbaru, Tentang Website, dan Media Sosial Share yang mudah diakses. Mungkin hanya tempat diskusi yang kurang bisa diakses dilaman Finland Today ini.
  7. Yle.fi, juga merupakan laman berita yang sering direkomendasikan dosenku di kelas bahasa Finlandia. Menyediakan pemilihan huruf yang lebih besar layaknya layanan pemerintah lainnya yang selalu mengutamakan kenyamanan pembaca dengan keterbatasan fisik. Padat, lengkap, ringkas dan mengutamakan berita yang bersifat Urgent.

* Hacep berasal dari kata Pecah. Kata sifat yang menjadi jargon terbaru tentang           hal yang meriah, seru atau trendi.

 

Sumber :

1. Pengalaman pribadi

2. www.finlandtimes.fi

3. www.helsinkitimes.fi

4. http://www.onlinenewspapers.com/finland.htm