Good pagi saudara sebangsa dan setanah air! Aduh ini rada kangen radio di Surabaya jadinya tulisan berasa ngedengerin mereka cuap-cuap padahal kalau di finland masih pagi, di surabaya udah sore. Anyway, di radio kadang ada beberapa penyiar yang sukanya mengganti morning dengan pagi tapi si Good tetep di pakai.

Aih aih saat kangen masa kuliah di UNESA, jadi sadar kalau kuliah disono terbilang lebih murah daripada kampus lainnya. Jadi terinspirasi untuk menulis sesuatu tentang benda yang relatif murah bahkan gratis di finlandia.

1. Gereja selalu  terbuka untuk dilihat-lihat dari dalam maupun dari luar, tanpa mengeluarkan uang se-sen pun. Gereja Lutheran yang ada di Senate Square atau Gereja Batu (Temppeliaukio Church) yang ada di distrik Töölö, Helsinki; adalah 2 gereja yang paling menarik.

Interior gereja batu yang unik. Jangan lupa tetap santun meski boleh masuk secara gratis.

Interior gereja batu yang unik. Jangan lupa tetap santun meski boleh masuk secara gratis.

2. Sekolah dan kuliah adalah 2 hal yang relatif murah, bahkan gratis di finlandia. Saya bilang relatif karena ada beberapa hal seperti buku yang tetap harus beli. Untuk detil tentang beasiswa dan pendidikan di finlandia, silakan klik disini

3. Museum-museum memiliki hari tertentu dimana kita bisa masuk secara gratis. Disini aku berikan jadwal yang pasti yaa 😉

1. Rabu pertama tiap bulan
Sinebrychoff Art Museum dari jam 17.00 s/d 20.00

2. Kamis pertama tiap bulan
Finnish Museum of Natural History
dari jam 16:00 s/d 18:00
(selama musim panas dari jam 15:00 s/d 17:00)

3. Jumat pertama tiap bulan

– Kiasma, Museum of Contemporary Art dari jam 16:00 s/d 20:00

– Tennis Palace Art Museum dari jam 11:00 s/d 19:00

– Museum of Finnish Architecture dari jam 11:00 s/d18:00

– The National Museum of Finland dari jam 16:00 s/d 18:00 (tiap Jumat)

4. Setiap hari

– Kluuvi Gallery
Rabu sampai Minggu dari jam 11.00 s/d 18:00

– Virka Gallery
Senin sampai Jumat dari jam 9:00 s/d 19:00
Sabtu dan Minggu dari jam 10:00 s/d 16:00

– Päivälehti Museum
(Sejarah jurnalisme dan teknik percetakan)
Selasa sampai Minggu dari jam 11:00 s/d 17:00

– Bank of Finland Museum
Selasa sampai Jumat dari jam 11:00 s/d 17:00
Sabtu dan Minggu dari jam 11:00 s/d 16:00

4. Berenang gratis saat musim panas? Bisa aja! Datangi pantai Hietaniemi di Helsinki. Biasanya disebut “Hietsu” oleh orang lokal. Pantai ini sangat populer dan memiliki fasilitas layaknya sebuah pantai. Pastikan untuk datang lebih awal agar bisa menikmati pasirnya dengan nyaman. Beberapa pantai di Finlandia adalah pantai Nude atau diperuntukkan bagi para naturalis yang datang tanpa busana.

Taman

5. Taman. Finlandia terkenal akan hutan dan tamannya yang tersebar diberbagai sudut. Taman Esplanadi dan Taman Alppipuisto bisa menjadi tujuan wisatamu. Taman-taman tersebut gratis untuk dinikmati dan berbagai konser serta event-event outdoor sering terlihat disini. Puncak keramaiannya adalah saat akhir minggu musim panas. Berjalan-jalan diantara rerumputan yang hijau, kolam-kolam dengan air mancur dan bebatuan khas nordik bisa menjadi hal yang menarik di Alppipuisto.

6. Memancing. Kalau merasa lapar selama jalan-jalan, kamu selalu bisa memancing di banyak danau yang ada di finlandia. Kita memang perlu ijin untuk memancing saat musim panas, tapi murah sekali. Hanya sekitar 7 sampai 20 euros pertahun. Ice Fishing bahkan dianggap sebagai olahraga di finlandia. Hanya perlu kesabaran dan baju yang tebal 😉

Kuburan di Finlandia

7. Jalan-jalan ke kuburan di malam Natal. Ini memang sangat tidak umum dan belum pernah saya temukan di media apapun tentang finlandia. Tapi inilah satu hal paling unik dan orisinal yang saya alami. Banyak orang finlandia yang datang ke makam saudara ataupun kawan lama yang telah meninggal dan menyalakan lilin disana. Mereka ingin mengenangnya di malam Natal. Pemandangan yang terlihat sangat indah dan menyentuh saat ribuan lilin berkedip dari berbagai sudut dalam kegelapan malam.