Gaya Bohemian yang sekarang kekinian (trendi) bisa diaplikasikan melalui motif Ikat. Saat ini Ikat atau Ikkat telah mendunia dan ditemukan dalam berbagai pakaian modern. Baik di Indonesia maupun di berbagai negara lain didunia, bahkan di sini di Finlandia.  Saya mendapati bahwa motif ini sungguh cantik dikenakan pria maupun wanita bilamana dipadukan dengan smart.

Sebenarnya apa sih Ikat itu? Ikat adalah salah satu teknik pencelupan tekstil bermotif tertentu. Teknik ini langka dan mahal sehingga pembuatannyapun memakan waktu, apalagi yang memakai teknik dobel ikat. Pencelupan dan tenunannya membuat Ikat memiliki ciri etnis, ritual maupun simbolis. Secara tradisional menyiratkan prestise, status, kekayaan, dan kekuatan. Tingginya keterampilan dan lamanya waktu pembuatan membuat Ikat dipercaya memiliki kekuatan magis.

Lantas bagaimana memadukannya agar terlihat trendi dan elegan untuk sehari-hari? Ini cara saya :

Pertama, saya kenakan sepatu berwarna nude (beige, krem, coklat muda). Ikat memiliki corak atau pola hias yang menonjol, ‘tenangkanlah’ dengan pola yang netral. Ah ya, saya memilih kain Ikat dari Bali yang ringan dan memiliki warna cerah yang terkesan muda. Selanjutnya saya bawa ke penjahit langganan saya 🙂

Sepatu berwarna Nude

Sepatu berwarna Nude

Kedua, saya tambahkan clutch berwarna hitam sebagai aksen klasik. Jam tangan berwarna Saphire yang juga bernada gelap.

Ketiga, saya padankan Ikat dengan item print yang bertolak belakang dengan sifat Ikat yang bohemian. Mungkin ini terlalu aneh untuk gaya anda namun saya berpendapat bahwa untuk sehari-hari kita perlu menambahkan sesuatu yang edgy sebagai ciri khas.

Ikat & Print

Terakhir sebuah gelang berwarna silver sebagai tambahan yang playful!

Gelang silver

Overall, saya sangat menikmati saat-saat styling seperti itu. Kadang meski “hanya” mendesain sebuah celana panjang, perasaan lebih bahagia saat mengenakan hasil karya sendiri!

Ikat foggy

Kami mengambil foto di The Menjangan

Semua foto oleh Stef Aditama & yours truly.

Koleksi pribadi :

1. Graphic Print Tee (serupa dapatkan voucher dengan kode ZBAPfGf)

2. Ikat Pants (serupa)

3. Clutch Bag (serupa dapatkan voucher dengan kode ZBAPfGf )

4. Bracelet (serupa dapatkan voucher dengan kode ZBAPfGf )

Ikat how to wear

Styling Ikat

 

 

 

 

 

 

 

Semoga bisa menginspirasi ya! 🙂

Sumber :

1. https://en.wikipedia.org/wiki/Ikat

2. Inspirasi pribadi