Belajar di finlandia

Bagian SATU
Inilah topik paling diminta oleh rata-rata pembaca blog saya. Pertanyaan-pertanyaan yang sama selalu dilontarkan kepada saya lewat e-mail maupun postingan di berbagai media sosial milik saya.

Bagaimana caranya bersekolah/ kuliah di Finlandia?
Bagaimana caranya mendapatkan pendidikan terbaik sedunia itu?
Berapa biayanya untuk bisa sekolah/ kuliah di finland?

Demi menjawab berbagai pertanyaan itu, hari ini saya akan menuliskan sedikit pengetahuan saya tentang pendidikan di finlandia beserta latar belakang pendidikan saya. Latar belakang penulis sangat penting untuk mendapatkan gambaran hasil tulisan penulis itu sendiri. Jujur saja, saya juga memang berniat menimba ilmu di negeri seribu danau ini. Betapa bagusnya kalau kemudian ilmu itu bisa diterapkan di Nusantara tercinta.

Perlu saya terangkan bahwa saya memang berkecimpung di dunia pendidikan. Mengajar tetap selama lima tahun dibali dan mendapat kuliah tentang pendidikan pengajaran selama empat tahun di sebuah universitas negeri di Surabaya. Khusus untuk pembaca perlu saya terangkan juga bahwa saya telah berkunjung ke finlandia beberapa kali. Mewawancarai orang-orang Indonesia yang memang telah berhasil bersekolah di finlandia, banyak membaca tentang finlandia dan bertanya secara pribadi kepada beberapa warga negara finlandia sebagai pembanding.
Bagian DUA
Bagaimanakah caranya agar bisa bersekolah di finlandia?
Pertama, usahakan anda lahir di finlandia. Dengan begini anda secara otomatis menjadi warga negara finlandia. Mendapatkan tunjangan setiap bulan dari pemerintah, bisa mendapatkan pendidikan secara gratis/ murah sampai tingkat apapun yang anda inginkan. Yah.. ini versi saran gokil tapi benar adanya .. hehe.. Memang untuk warga negara Finlandia disediakan bantuan pendidikan. Selain warga negara, pemegang Permanent Resident juga bisa mendapatkan bantuan pendidikan ini. Lebih lengkapnya silakan klik disini

Kedua, sediakan uang antara 108 juta sampai dengan 173 juta rupiah (Menurut http://studyinfinland.fi/living_in_finland/before_your_arrival/cost_of_living dengan kurs Rp. 16.000) ditabungan anda untuk mendapatkan ijin bersekolah di finlandia selama setahun. Uang ini tidak dipakai untuk membayar sekolah, tapi hanya untuk pengeluaran sehari-hari dan biaya beli buku. Anda harus mampu menunjukkan dana sebesar itu untuk memperoleh ijin belajar ke finlandia. Pemerintah finlandia tidak memberikan subsidi untuk biaya hidup di finlandia bagi pelajar. Sebagai gantinya adalah diskon-diskon khusus pelajar untuk transportasi, makanan,  barbershop, dan biaya sehari-hari lainnya. Biaya hidup di negara nordik ini bervariasi menurut tempat tinggalnya ( dengar-dengar wilayah Tampere adalah yang paling strategis bagi siswa ). Dan untuk tahun berikutnya untuk memperpanjang ijin ini, anda juga harus bisa menunjukkan setidaknya sejumlah itu. Buku terbukti menjadi pengeluaran paling mahal bagi siswa di finlandia. Makanan dan tempat tinggal ada di urutan di bawahnya.

Ketiga, carilah beasiswa dan tetap siapkan uang untuk biaya hidup di finlandia. Untuk pilihan ini, tentu saja yang bisa anda pilih hanyalah pendidikan tinggi. Saya belum pernah menemukan beasiswa untuk jenjang SMA diluar Indonesia. Pilihan terbaik anda adalah mempelajari link-link beasiswa untuk mendapatkan pendidikan jenjang Sarjana hingga Doktoral. Institusi yang mengadakan adalah Universitas dan Politeknik. Universitas biasanya memberikan pendidikan di bidang keilmuan, riset, seni dan kemasyarakatan. Universitas biasanya menawarkan pendidikan S2 & S3 dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Sedangkan Politeknik adalah institusi yang menekankan pada aplikasi pendidikan pada bisnis setempat, dunia industri serta sektor jasa. Program S1 biasanya ditawarkan oleh politeknik dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Dibawah akan saya berikan tautan untuk mencari beasiswa ke finlandia. Meski juga perlu anda ketahui bahwa masing-masing instansi pendidikan kemungkinan tidak terlalu meng-update informasi beasiswa mereka, karena itulah saya sarankan anda meneliti lebih lanjut tentang informasi beasiswa apapun. Dibawah ini akan saya tuliskan link-link yang saya ketahui :

  1. http://www.scholarshipportal.com/
  2. http://studyinfinland.fi/home
  3. http://studyinfinland.fi/tuition_and_scholarships/cimo_scholarships
  4. http://www.exploreselect.eu/SELECTPhD/tabid/1264/language/en-GB/Default.aspx
  5. http://ppifinland-belajar.blogspot.fi/
  6. www.facebook.com/studyinfinland

Selain itu, rajin-rajinlah membaca berbagai milis beasiswa di internet. Rata-rata pencari beasiswa bermurah hati untuk saling berbagai informasi seputar beasiswa. Saya sendiri bergabung di milis beasiswa di Yahoo dan banyak mendapati berbagai info tentang beasiswa ke berbagai negara di dunia termasuk di dalam Indonesia sendiri. Tidak banyak yang tahu bahwa menghubungi dosen, mencari jurnal ilmiah, mencari kantin mahasiswa murah, maupun mengatasi stres dalam proses pendidikan tinggi itu terbilang krusial.

Sampai disini dulu, akan saya lanjutkan di artikel Belajar ke Finlandia bagian selanjutnya tentang persyaratan dan trik hidup murah di finlandia. Jangan lupa daftarkan diri untuk Subscribe/berlangganan blog saya untuk mendapatkan info tersebut 😉