Buah delima yang sudah dibelah. Maaf ya fotonya ga gitu jelas soalnya ini resep lama dan fotonya kuambil dari akun Instagramku hehehe…

Akhir-akhir ini Finlandia dibanjiri segala macam bahan makanan yang dicap sebagai “Super Food”. Pomegranate yang adalah buah delima, salah satunya. Aku ingat pohon pomegranate tetanggaku di Indonesia dulu yang berwarna merah menarik hati. Senang sekali buah masa kecilku ini ternyata gampang dicari di sekitaran Helsinki. Nah, kemarin lusa aku beli banyak dan akhirnya pada akhir pekan, biji delima yang sedang menganggur dikulkas itu bikin aku bisa bereksperimen lagi dengan baking. Eh kebetulan ada apel juga. Dua jenis buah yang kecutnya mantap nih kalau apel dan delima dijadikan satu, batinku.

Klop sudah!

Lagipula suami selalu malas makan buah-buahan mentah, jadi inilah dia resep eksperimen demi bersih-bersih kulkas sekalian bikin yang tersayang mau makan buah-buahan!

Bahan-Bahan :

  1. 5  Apel kupas beku/ apel kupas dipotong setengah lingkaran setebal 2-3 inci. Kalau pake apel kupas, setelah dipotong segera masukkan kulkas sembari menunggu adonan jadi.
  2. 1  Pomegranate/ buah delima yang sudah diambil biji-bijinya dan siap diolah. Kira-kira 100 hingga 150 gram sudah cukup.
  3. 240 g Tepung terigu
  4. 140 g Gula pasir
  5. 1 sdt Baking soda
  6. 5 dl Minyak sayur
  7. 2 buah Telur
  8. 1 sdm Susu kental manis
  9. 3 dl Air hangat untuk mengencerkan susu diatas
  10. 2 sdt bubuk Vanilia asli
  11. 1/2 sdt Garam
  12. 5 sdm Breadcrumbs atau remahan roti

Cara Memasak :

  1. Panaskan oven di suhu 175 derajat api merata
  2. Olesi loyang dengan mentega. Taburkan breadcrumbs. FYI aja, breadcrumbs ini nanti yang mencegah kue menempel di loyang. Sisihkan.
  3. Campurkan tepung, baking soda dan bubuk vanilia. Ayak lalu sisihkan.
  4. Campurkan telur, gula, susu, air, minyak, dan garam. Kocok selama 4 menit. Aku pakai mixer dengan kecepatan sedang.
  5. Masukkan  campuran tepung kedalam kocokan telur tersebut dan aduk  balik memakai spatula.
  6. Tuang adonan kedalam loyang yang telah ditaburi breadcrumbs tadi. Hiasi dengan apel potong dan pomegranate.

    Jadi nanti hiasnya seperti ini ya. Irisan apel rapi memanjang sementara biji delimanya ditaburkan aja asal rata.

  7. Panggang selama 40 menit. Tergantung oven masing-masing ya packingmate sekalian, cek setiap 20 menit.
  8. Sajikan dengan taburan gula halus dan saus vanilla.

Tampilan kuenya sih mungkin agak kurang menarik tapi jangan khawatir, hasilnya enak banget! Manis & kecut menyatu banget!

 

Sumber :

  1. Telah diuji di dapur pribadi admin : Khatarina Dian, orang Indonesia yang lahir di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia. Dapur miliknya adalah dapur mini standar apartemen dengan 1 oven, 4 pengapian dan 1 penyedot udara/exhaust hood.
  2. Resep ini juga hasil dari magang admin di restoran Fazer Amica di Pasila – Helsinki, dibawah bimbingan keittiömestarinya.