Halo Packingmate sekalian, apa kabar?
Kali ini aku akan membawakan berita dari negara Finlandia bagian Selatan,
tempat tinggalku, yang terkena hujan salju sejak tanggal 10 Januari 2021.
Hujan salju ini berubah menjadi badai mulai tanggal 11 Januarinya.
Salju setebal 30-40 cm ini mengubah jalanan menjadi tidak aman untuk dilalui. Otoritas setempat menyarankan kepada publik agar sebisa mungkin tidak bepergian. Layanan darurat pemerintah sudah bersiap-siap untuk menghadapi putusnya listrik di beberapa wilayah di Uusima.

Salju lebat biasanya sanggup merubuhkan pohon dan memotong jalur listrik.

Selasa 12 Januarinya badai salju ini juga sudah memasuki wilayah Barat dan Tengah Finlandia meski tidak sebanyak diwilayah Selatan. Institut Meteorologi Finlandia mengeluarkan peringatan cuaca untuk para pengemudi. Polisi di wilayah Uusima menerima total 45 laporan kecelakaan lalu lintas pada Selasa siang. Badai ini mengakibatkan gangguan besar pada transportasi publik. Petugas kereta api menyarankan para penumpang
untuk menyiapkan waktu lama untuk bepergian karena angin kencang juga telah mengakibatkan berkurangnya daya. Kemungkinan besar kereta api akan mengalami keterlambatan. Kemudian temperatur turun hingga minus 30 derajat Celcius hingga kamis pagi.

Demikianlah gambaran tentang badai salju yang mengagetkan semua pihak di tahun pandemi 2021 ini. Nah, badai salju lebat begitu lantas apa dampaknya untuk tempat wisata ikonik Gereja Katedral Helsinki dan Alun-Alun Senat alias Senate Square itu apa?

Sebelum itu, aku jelaskan tentang Helsingin Tuomiokirkko dan Senate Square!


Tuomiokirkko yang aku maksud kali ini adalah Gereja Katedral Utama di Helsinki, Disebut Helsingin Tuomiokirkko. Kalau cuma bilang : Tuomiokirkko itu artinya adalah gereja Katedral. Jadi di Finlandia ada beberapa Tuomiokirkko alias Gereja Katedral selain di Helsinki ini. Diantaranya adalah Turkku Tuomiokirkko (Gereja Katedral di kota Turkku) dan Tamperen Tuomiokirkko ( Gereja Katedral di kota Tampere).

Untuk Gereja Katedral Helsinki, letaknya ada di samping Lapangan Senat dan dua kombinasi ini jadi ikon turisme di Helsinki. Bangunan megah berwarna gradasi abu-abu ini memiliki arsitektur bergaya neoklasik.
Di sudut-sudutnya terdapat 12 patung Para Rasul murid Yesus. Sebelum masa pandemi, Katedral Helsinki ini adalah tempat wisata terpopuler di Helsinki.
Gereja ini terbuka untuk publik dan dipakai secara rutin untuk beribadah.
Kalau kamu mengikuti berita populer, Gereja Katedral Helsinki ini juga tampil di lagu ‘Sandman’ karya musisi Finlandia bernama Toni-Ville Henrik Virtanen atau : Darude. Lagu instrumental ini sangat populer di dunia dan Toni Virtanen mengambil awal videonya didepan Gereja Katedral Helsinki ini.

Interior Gereja Katedral Helsinki ini cukup megah, didominasi warna putih dan kuning emas. Packingmate bisa menikmati dengan gratis patung-patung dan desain kubah gereja dari dalam karena biasanya gereja ini terbuka untuk publik kecuali bila ada ibadah. Terdapat 3 patung, 1 altar, mimbar bundar yang berkanopikan emas dan organ Marcussen & Son yang memiliki 57 suara.

Senate Square adalah alun-alun bersejarah di Helsinki. Di tengah alun-alun adalah patung Alexander II. Alun-alun ini menjadi pusat berbagai kegiatan publik di Helsinki. Fakta menariknya, dibawah batu-batuan Senate Square ini dipercaya masih banyak sisa kuburan dari abad ke 17 hingga abad ke 18. Perbaikan jalan yang biasanya dilakukan disepanjang Jalan Aleksanderinkatu dan sekitar Senate Square ini kerap menemukan sisa-sisa tulang manusia yang terkubur.

Selain fakta yang agak horor itu, ada pula acara-acara yang dilakukan oleh penduduk Helsinki dan Pemkot Helsinki. Ada acara protes kemanusiaan mengecam Trump (misalnya), acara pameran seni dari berbagai dunia, Karnaval Gay Rights, dan berbagai macam acara tahunan keagamaan dan Nasional Finlandia. Acara tahunan yang diselenggarakan disini salah satunya adalah Pasar Natal yang unik. Pasar Natal di Finlandia ini memiliki sauna. Satu-satunya didunia!

Dampak badai salju terhadap Gereja Katedral Helsinki dan Senate Square cukup signifikan. Tumpukan salju setebal 30-40 senti sempat memenuhi halaman dan wilayah sekitar Gereja.

Namun para pekerja kota bergerak cepat untuk membersihkan salju dari jalan-jalan utama dekat Gereja. Bahkan kalau kamu nonton di video Youtube ini, mereka bekerja bahkan di tengah malam!

Sumber :

  1. Hasil pengamatan pribadi
  2. Berbagai press di Finlandia