Ceritanya di musim panas 2020 ini Finlandia sedang booming: Buah Blueberry!

Padahal stok di freezer kami masih banyak, mau dikirim ke Indonesia juga lagi pandemi. Yaweslah nekad bikin kue yang besar dan perlu banyak blueberry-nya. Biar nggak terlalu berat di rasa, aku akalin dengan penggunaan Cream Cheese yang beraroma Vanilla. Kalau Packingmate sekalian tidak punya creamcheese beraroma Vanilla, bisa aduk cream cheese plain dengan konsentrat atau biji vanilla dan biarkan semalaman. Pasti rasanya lebih MANTAP! Bikin yuk resep unik yg bisa ditinggal-tinggal ini!

Bahan-bahannya, yaitu:

  • Untuk Base Layer cuma dua yaitu (200g) biskuit dan (90g) butter yang sudah dilelehkan. Nah untuk biskuitnya ini aku enggak pakai biskuit berserat tinggi tapi biskuit tipe shortbread dari produsen Fazer. Untuk di Indonesia, menurutku jenis biskuit Marie itu yang paling mirip.

  • Untuk Layer Cheese :
  1. 100g blueberry (aku pakai yang beku)
  2. 360g Cream Cheese rasa vanilla
  3. 3/4 dl gula pasir
  4. 1/2 sdt kayu manis
  5. 2 dl whipped cream yang belum dikocok
  6. 5 lembar gelatin (bisa diganti dengan 2 bungkus agar-agar plain merk swallow globe)
  7. 3 sdm sari jeruk lemon

  • Untuk Layer Blueberry :
  1. 100 gram blueberry (aku pakai yang beku)
  2. Konsentrat buah Blueberry (bisa dibeli di marketplace)
  3. 1 Gelatin (Bisa diganti dengan 1/2 bungkus agar-agar plain merk swallow globe)

Alatnya Balon Whisk/ mixer, kompor, panci dan loyang bongkar pasang 20 cm

Waktu masak lebih dari 60 menit

Dan resep ini cukup untuk 12 porsi cake.

Cara Masak :

A. BASE LAYER

  1. Siapkan kertas baking di dalam loyang. Sisihkan.
  2. Hancurkan biskuit, bisa pakai uleg-uleg atau sendok biasa atau food processor kalo yg punya. Bebassss!
  3. Setelah hancur, masukkan mentega yang sudah dilelehkan, ADUK RATA.
  4. Taruh biskuit dalam loyang yang sudah berisi kertas baking, tekan-tekan pelan dan ratakan hingga padat betul. Lihat foto dibawah!

Simpan dalam kulkas selama minimal 4 jam, semakin lama semakin baik! Semakin lezat dan teksturnya kokoh!

www.tipspacking.com

B. LAYER CREAM CHEESE adalah layer yang paling penting. Rasa cake nantinya banyak ditentukan oleh lapisan ini, maka perlu banget untuk berhati-hati dan teliti.

  1. Cairkan Blueberry beku (kalau pakai Blueberry segar, step ini di-skip aja)
  2. Blender Blueberry atau hancurkan dengan alat hingga terbentuk puree/bubur Blueberry. Sisihkan
  3. Aduk Vanilla Cream Cheese dan gula. Masukkan puree Blueberry dan Kayu manis. Aduk rata dan sisihkan. Lihat gambar dibawah!
  1. Sementara itu, rendam gelatin dalam air dingin selama 10 menit. (Kalau pakai Agar-agar plain, ikuti petunjuknya)
  2. Sementara itu, Kocok Whipped Cream hingga set pake mixer atau balon whisk. Sisihkan.
  3. Setelah 10 menit, didihkan sari jeruk lemon, masukkan gelatin yang sudah diperas airnya. Aduk-aduk dan segera angkat dan diamkan agar agak dingin. Kalau pakai agar-agar, berarti sari jeruk lemonnya dimasak sama agar-agar itu ya! Lantas diamkan semenit dua menit agar uapnya hilang.
  4. Tuangkan ke dalam adonan Vanila Cream Cheese tadi. Aduk!
  5. Terakhir, masukkan whipped cream-nya. Aduk hingga homogen.

6. Tuangkan ke atas Base Layer yang berisi biskuit! Ratakan pake spatula dan ketuk pelan.

7. Masukkan ke kulkas selama minimal semalam agar enak. Sebenarnya 4 jam aja sudah bisa apalagi kalau pakai agar-agar tapi percayalah, kawan… Semalaman itu bikin tambah WENUK!

Tinggalin buat scroll instagram atau maen Mobile Legend atao tidur! Yes yang jemaah rebahan angkat tangannya! “Saya” wakakakakka…

Lalu besoknya, lanjut ke LAYER BLUEBERRY dibawah yaa!

C. LAYER BLUEBERRY adalah lapisan terakhir. Sabar yawhhh ^-^ Intinya layer terakhir ini adalah si lapisan agar-agar yang diisi buah Blueberry. Semakin keliatan blueberry asli-nya tentu smakin tjakep. Walhasil, disinilah tempat kita berkreasi.

  1. Seperti biasa, bikin gelatin atau Agar-agar dengan cara masak gelatin atau agar-agar dalam air konsentrat Blueberry. Caranya kalau pake gelatin : Rendam gelatin dalam air dingin selama 10 menit lalu peras dan masukkan ke dalam konsentrat yang mendidih. Aduk dan angkat serta diamkan selama 3 hingga 4 menit.
  2. Ambil cake kita yang tercyinta dari kulkas, seharusnya dia sudah mengeras! Tabur blueberry frozen atau asli diatasnya.
  3. Tuangkan Larutan Gelatin tersebut keatas cake dengan hati-hati dan usahakan semua permukaan rata. Hentakkan pelan dan goyangkan pantat si loyang. Untuk lebih jelasnya tonton video saya di SINI.
  4. Langsung masukkan kulkas lagi selama minimal 4 jam. Blueberry cake, siap dihidangkan! Dessert time!

Frequently Asked Question alias FAQ tentang kue ini:

Pertama, bisa enggak Blueberrynya diganti stroberi? Bisa, asalkan tentu konsentratnya harus diganti dengan konsentrat rasa stroberi juga. Dan stroberi lebih banyak mengandung air, jadi harus disaring dan diperas dulu sebelum dipakai sebagai Lapisan Layer Cheesecake. Jadi namanya nanti Strawberry Cheesecake.

Kedua, gelatin bisa diganti apa tidak dengan yang lain? Bisa, gelatin bisa diganti dengan Agar-agar, Carrageenan, Vegan Jel, Pectin, Guar Gum, Locust Bean Gum, Xanthan Gum, dan atau Kuzu Powder.

Ketiga, Bisakah Cream Cheese-nya diganti dengan keju biasa? TIDAK BISA. Cream Cheese dan keju adalah dua produk susu yang sangat berbeda, punya susunan protein yang berbeda dan teksturnya juga lain. Untuk isian cake ini, jangan mengubah apapun kecuali mungkin gelatin saja yang bisa diganti.

Keempat, Bisakah memakai loyang berbentuk lain yang bukan bongkar pasang? Bisa, tapi nanti saat kue dilepas dari loyangnya, SAYA JAMIN pasti berantakan. Kue ini memang terlihat kokoh tapi pasti rusak bisa dijungkalkan atau dibalik-bali setelah keluar dari kulkas. Walau, memang masih bisa dimakan. Bahkan setelah lapisan kertas dikelupas, segera sajikan atau kembalikan lagi ke kulkas agar cake tetap kokoh.

RASANYA gimana? Enak banget kalau berdasarkan kesaksian si suami yang picky-eater alias suka pilih-pilih saat makan. Ehehe. Manisnya pas dan enggak eneg.Kalau saya sejujurnya awalnya agak kurang suka karena kalau ikut resep di kampus yang gulanya sedikit banget dan saya bukan penyuka tastenya rempah kapulaga di kue. Tapi resep yang ini memang sudah aku perbaikin dan sesuaikan selera kita di : rumah campuran Jawa Timur-Finlandia 😁 Jadi rasanya lebih endolita, percaya deh! Kecutnya Blueberry dipadu dengan manisnya biskuit dan tekstur kenyal gelatin serta Blueberry renyah bikin kami di rumah bisa menghabiskan cake untuk 12 porsi ini dalam sekejap!

Mau detil icip-icip dan rekomendasi loyangnya? Cusss klik Youtube Channel : Finlandia & Aku

Cara Menyimpannya bila kue ini tidak habis sekali makan, tentu dengan dimasukkan kulkas lagi. Menurutku, maksimal penyimpanan adalah 4 malam sesudah layer blueberry dituangkan. Jadi setelah dipotong segera kembalikan sisa cake ke dalam kulkas! Selain itu, jangan lupa untuk menjauhkan bahan makanan yang berbau tajam seperti pete dan durian dekat kue ini di kulkas ya!

SUMBER :

  1. Terinspirasi resep berbahasa Finlandia pada K-Ruoka.fi dan hasil kuliah di jurusan Tata Boga.
  2. Telah dipraktekkan oleh admin = Khatarina Puspitasari, orang Indonesia yang lahir di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia. Dia adalah koki lulusan kampus Suomen Diakoniaopisto di Helsinki. Bekerja di satu-satunya restoran milik Chef kenamaan, Jamie Oliver di Finlandia yang bernama: Jamie’s Deli, terletak di Bandara Internasional Helsinki-Vantaa. Dapurnya adalah dapur standar country house dengan 1 oven, 4 pengapian dan 1 penyedot udara/exhaust hood.
  3. https://www.k-ruoka.fi/
  4. https://en.wikipedia.org/wiki/Blueberry
  5. https://bacaterus.com/pengganti-gelatin/
  6. https://www.nordicninjastore.com/biscuits-cookies/675-fazer-muro-195-g.html