Barang yang dijual di toko Euro Super, Helsinki

Postingan yang ini rasanya harus disembunyikan dari diriku sendiri sebagai insan penyuka barang murah nan imut, hehe. Masalahnya kalau sudah masuk toko aku pasti gatal pingin beli sesuatu. Tak peduli sampai rumah si barang terlupakan pokoknya kalau sudah lihat toko lucu pasti minimal aku sempatkan mampir. Sebuah tabiat buruk yang sudah dihafal suamiku.

Ngomong-ngomong tentang barang murah, sebenarnya ada tidak sih di Finlandia? Ada kalau standar murahnya dihitung dari kurs Euro juga. Bahkan percaya ga percaya, beberapa barang kadang murah juga kalau dibandingkan dengan harga di Indonesia.

Tapi kali ini aku tidak akan banyak membandingkan segala sesuatu dengan Indonesia. Terlalu mainstream dan aku ga punya data pembandingnya dalam angka. Intinya sih, kalau telaten pasti bisa dapetin barang yang murah dengan kualitas tidak murahan.

  • TIGER, lengkapnya disebut juga Flying Tiger Copenhagen, adalah salah satu retailer yang memiliki lebih dari 500 cabang diseluruh dunia. Di Finlandia kamu bisa membeli pernak-pernik dengan harga di kisaran 2 euro sampai 15 euro. Barang-barangnya kurang bernuansa Finlandia, sebenarnya. Entah kenapa aku rekomendasikan ini pada kalian haha . . . Cuman memang Tiger ini murah-murah banget, tipe yang jadi terrrfavorit.  Sekarang mereka juga punya pojok imut yang berisi bumbu-bumbu kering dan cemilan. Ah, kata `imut´ itulah yang menawan hatiku. Sebenarnya barang yang dijual di Tiger agak terlihat murahan jadi pilih-pilih dengan seksama yaaa!

    Jajan imut ini aku temukan di Tiger. Rasanya persis sama seperti cookies warna-warni jadul dari masa kecilku.

  • EuroKauppa, yang konon kabarnya terinspirasi Dollar Store di Amerika, terletak dipusat Helsinki di Kaisaniemenkatu 6, 00100 Helsinki. Barang-barang yang mereka jual terdiri dari produk-produk rumah tangga yang terbilang sangat murah. Jualannya khas toko murah yang menjual pot bunga murah, kaos tipis bertuliskan ‘Finlandia’, alat floss gigi, bendera hiasan Finlandia hingga gantungan kunci berciri Finlandia. Kualitasnya sih biasa aja meski nggak jelek-jelek amat. Tapi kalo udah disini jangan bandingkan sama *Stockmann ya… kalah jauuuhhh xixixixi…
  • Euro Super, letaknya cuma sepelemparan batu dari EuroKauppa, di Vuorikatu 14, 00100 Helsinki. Harganya sedikit lebih mahal daripada EuroKauppa tapi memang barang-barangnya lebih menarik. Jaket bulu-bulu, replika perahu, pernik pesta, alat kesehatan dan baaanyak lagi. Denger-denger tempat ini juga jadi jujugan orang-orang Indonesia yang tinggal di Finlandia untuk belanja barang-barang murah. Kualitasnya? yah, … agak lumayan aja. Nggak spesial.

Gantungan kunci yang bisa jadi oleh-oleh buat turis

  • Kierrätys Keskus, yang diterjemahkan sebagai Pusat Daur Ulang, adalah sebuah toko 2nd hand atau barang bekas yang memiliki banyak cabang disepanjang Helsinki, Vantaa, Espoo. Yang namanya barang bekas biasanya kurang digemari orang Indonesia, tapi tergantung keberuntunganmu juga. Seorang teman menemukan baby ramp yang amat chic, aku menemukan baju pengantin yang masih bagus (dan sampai sekarang selalu menyesal kenapa nggak kubeli padahal cumak ratusan euro aja … hiks ), benda-benda perak asli yang bernilai sejarah, buku-buku berbahasa inggris edisi pertama, barang-barang branded (kalau kamu lagi untung) yang umumnya masih layak pakai dan masih banyak lagi. Senangnya lagi, rata-rata Kierrätys Keskus tertata dengan baik, rata-rata barangnya berkualitas, selalu ada diskon, dan berniat baik dengan mempekerjakan pegawai dari berbagai latar belakang. Aku biasanya merasa puas tiap kali berbelanja disini, rasanya nggak hanya buang-buang uang karena kita ikut mendaur ulang sampah dan memberi arti bagi orang-orang dengan keterbatasan fisik. Aku sempat ikut program magang yang ditawarkan Kierrätys keskus selama beberapa minggu. Jadi aku tahu diskon-diskon yang mereka tawarkan hehehe.. contohnya penggunaan warna pada label barang untuk menandakan diskon 50% yang sedang mereka tawarkan. Dannnn, selalu ada pojok kecil tempat dimana mereka meletakkan barang-barang gratis. Iya, gratis tis!

Beberapa buku yang aku temukan di Kierrätys Keskus. Cenderung masih bagus dan beberapa aku dapatkan secara gratis!

  • Tokmanni, toko retailer besar yang sering menawarkan barang murah. Seperti biasa, barang-barang yang ditawarkan di diskonan adalah barang-barang yang kurang penting.. hehehe… Nggak juga. Kertas tissue untuk toilet adalah barang yang maha penting!! Selain itu Tokmanni sering punya diskonan bumbu kering dalam jumlah besar yang bikin aku rajin main-main kesini.

    Salah satu contoh diskon yang ditawarkan Tokmanni, awal 2018 ini

  • Stan-stan foto di stasiun Rautatientori, Helsinki. Menjual berbagai kartu pos dan pernik khas Finlandia dan Helsinki.

    Sebuah kios di stasiun Rautatientori yang menjual oleh-oleh khas Finlandia.

 

SUMBER :

  • Pengalaman pribadi Admin : Khatarina Dian dan berbagai komentar lisan dari pejabat-pejabat di markas besar TipsPacking 😀
  • *Stockmann adalah toko retail di Finlandia, yang melegenda bagusnya dan mahalnya. Sebenarnya tidak terlalu mahal sih kalau mengingat pelayan dan pelayanannya yang excellent. Bahkan saat 5 hari diskon saat Crazy Days atau Hullut Päivät, harganya benar-benar crazy karena murahnya barang-barang branded yang ada disana.