Pepes a la Finlandia yang dimasak di oven dan tidak dibentuk panjang pipih dengan daun pisang hihihi…

Pada dasarnya yang aku bikin ini bukan Pepes karena teknik masaknya beda jauh. Kalau Pepes harus dibungkus daun pisang dan dikukus atau dipanggang diatas arang. Tapi bumbu-bumbu yang aku pakai adalah bumbu Pepes semirip mungkin dengan bahan-bahan yang aku temukan di Finlandia, seperti biasa memakai substitute atau pengganti. Tekniknyapun aku pakai seadanya diapartemenku. Ada oven, ya pakai oven. Adanya mangkuk Souffle, ya pakai mangkuk itu.

Kenapa sih aku begitu getolnya memakai pengganti? Karena sedang berusaha mengurangi carbon footprint plus harganya lebih murah. Berusaha mengonsumsi apapun yang diproduksi locally dan sedang musim. Karena tinggalnya di Finlandia, akupun pakai yang ada di Finlandia aja. Pepes inipun rasanya tetap tajam buatku, enak kata temen-temen Indonesia yang tinggal disini. Jadi, cuss ah coba aja! Resep ini bisa disajikan untuk 7 orang dan cuma habis sekitaran 6 euro.

Bahan- Bahan :

  1. 306 g jantung ayam (K Supermarket 5.5 euro) biarkan utuh
  2. 250 g Tofu ( Eko Maustamaton Tofu by So Fine) dipotong Medium Dice = 1/2 inch
  3. 8 sdm Teri kering
  4. 2 iris Acar ikan (saya pakai marinated anchovy)
  5. 50  g Kelapa parut kering (by Pirkka) direndam 25 menit dlm air panas
  6. 5 sdm Tepung kelapa kering
  7. 6 dl Air (3 dl air panas untuk merendam daun salam & parutan kelapa kering)

 

Bumbu- Bumbu :

  1. 3 ml minyak goreng
  2. 5 sdm Bawang merah kering
  3. 3 sdm  Bawang putih kering
  4. 2 sdt  Bubuk jahe
  5. 2 sdt Kayu manis
  6. 4 sdt Pala bubuk
  7. 2 sdt Serai Bubuk
  8. 3 sdt Cabe bubuk
  9. 1 sdm Saus Spicy Mango & Lime (By Lobo : Oriental Sensation)
  10. 4 sdm Air Lemon (By Vitafit)
  11. 10 sdm Saus Tomat (By Felix)
  12. 1 sdt Saus Kikkoman
  13. 3 sdt Gula pasir
  14. 2 sdt Garam
  15. 2 ruas daun Bawang potong memanjang
  16. 2 sdm Saus tomat Extra Hot (By ABC)
  17. 8 Daun Salam kering
  18. 3 g Cabe hijau kecil potong bulat
  19. 1 buah Kaldu jamur blok (optional)

 

Cara Memasak :

  1. Rendam daun salam dan parutan kelapa kering selama 25 menit dalam air panas. Saring dan sisihkan. Jangan buang air bekas rendaman.
  2. Panaskan oven pada suhu 150 dercel api merata.
  3. Panaskan minyak sayur dalam panci dan masukkan bawang merah kering. Segera masukkan bawang putih kering, bubuk jahe, kayu manis, pala, dan serai. Aduk-aduk sebentar. Segera masukkan daun salam dan parutan kelapa kering beserta air rendamannya. Aduk lalu tunggu hingga mendidih.
  4. Masukkan potongan tahu dan jantung ayam. Tambahkan 3 dl air, cabe bubuk dan 1 kaldu blok. Biarkan sampai mendidih.
  5. Masukkan cabe hijau kecil, saus Lobo, air lemon, saus tomat, saus Kikkoman, saus ABC, dan daun bawang. Aduk dan tes rasa kemudian masukkan garam dan gula sesuai selera. Turunkan suhu kompor menjadi lebih kecil dan tunggu sampai agak mendidih.
  6. Naikkan suhu oven ke 175 dercel.
  7. Pindahkan setengah masakan ke mangkuk souffle. Taburkan tepung kelapa ke atas masakan yang tersisa dan aduk cepat kemudian tuang juga kedalam mangkuk. Tutup bagian atasnya dengan alumunium foil (Saya pakai mangkuk Souffle Classic Pleated berukuran 7 inch/ 4 inch yang aman untuk oven dan tak mudah bernoda).
  8. Masukkan ke oven bersuhu 175 dercel dan panggang selama kurang lebih 50 menit hingga satu jam. Jagalah kebersihan oven dengan meletakkan pinggan beralas dibawah rak berisi mangkuk agar kuah yang menetes tidak mengotori oven!
  9. Setelah 30 menit, cek masakan dengan membuka alumunium foil. Pastikan tidak ada yang gosong. Tutup kembali dan tunggu 25 menit kemudian.
  10. Matikan oven dan angkat masakan dengan berhati-hati karena biasanya kuah telah bertambah. Letakkan langsung ke meja makan dan jangan buka alumunium foil.
  11. Buka alumunium foil saat anda siap menyantap. Taburi bawang goreng atasnya. Nikmati dengan nasi hangat.

SUMBER :

  1. Telah diuji di dapur pribadi admin : Khatarina Dian, orang Indonesia yang lahir, tumbuh di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia.
  2. http://www.pustakakulinerku.com
  3. https://en.wikipedia.org/wiki/Pepes