Cari makanan yang enak di Finlandia? Gampang! Tapi kita bisa makan apa saja sih di negara yang tanahnya gersang, musim dinginnya panjang dan katanya Welfare State ini? Makan apa sih orang-orang yang katanya pendidikannya nomer satu sedunia ini? Baca sampai tuntas deretan makanan penggugah selera ini!

Sosis

Disebut Makkarat dalam bahasa Suomi (Bahasa Finlandia). Sosis adakah salah satu makanan yang banyak ditemukan di market-market di negara Finlandia karena mudah disimpan dan bisa dipanggang di atas api unggun, sangat menyenangkan bagi orang Finlandia yang gemar berwisata ke hutan. Terbuat dari campuran daging sapi dan daging babi, sosis bisa dijadikan sop sosis, digoreng biasa ataupun di grill dan dimakan dengan saos mustard.

Sosis Groat adalah salah satu sosis khas orang Finlandia karena berisi bulir gandum yang belum menjadi tepung. Biasa disantap dengan selai Lingoberry, sosis ini taste-nya gurih dan agak manis.

Bola Daging

Disebut Lihapulla, biasanya juga mudah ditemukan di market dan rasanya cukup nikmat. Beberapa resep populer menyajikan Bola Daging ini dengan cream sauce yang berwarna kecoklatan atau brown sauce yang gurih. Agak mirip dengan bakso yang disajikan IKEA di restoran milik mereka.

Rata-rata bola daging yang dijual di Finlandia terbuat dari daging sapi dan daging babi. Umumnya sudah matang dan dijual dalam kemasan yang higienis.

Pizza

Yap, benar sekali. Makanan sejuta umat dari Italia ini bisa juga ditemukan di negara Finlandia. Dijual di semua market, packingmate sekalian bisa membelinya dalam berbagai bentuk :

  • Frozen atau beku sehingga perlu dimasak di oven,
  • Siap makan sehingga cuma perlu dipanaskan di microwave, ataupun
  • restoran daring yang cuma perlu dipesan via telepon.

Tipe crust-nya juga beragam. Dari thin crust, thick crust atau no-crust. Mengenai rasa orang Finlandia terbukti cukup terbuka. Selain standar pepperoni, keju, beef, dan mushroom; ternyata mereka juga bersedia mencoba pizza dengan kearifan lokal Hawai : ber-topping-kan buah nanas.

Salah satu maha karya rumahan, pizza oven resep mama mertua yang kerap meramaikan meja makan kami. Topping yang lazim ada, daging sapi+daging babi cincang, keju, bawang bombay dan saus tomat.

Makaroni

Di Jawa disebut ‘makron’i oleh almarhumah nenek saya, ternyata makanan yang juga dipopulerkan oleh orang Italia ini muncul juga menjadi satu dari sekian banyak jenis makanan yang mengenyangkan di negara Finlandia. Selain babar, jadi banyak porsi, makaroni ini shelf-life nya panjang dan rasanya cenderung tidak terlalu berubah. Di Finlandia yang musim dinginnya panjang dan masa panennya cuma sekejap mata, makanan begini sangat penting! Cara masak Makaronilaatikko ini juga mudah! Packingmate tinggal beli daging cincang, susu, mentega dan telur. Rebus makaroni sampai Al dente dan masak daging sampai matang, aduk-aduk semua bahan dan masukkan wadah, panggang dalam oven dan BimSalabim!

Jadilah makanan lezat mengenyangkan untuk semua!

Sesuai nama Finlandia-nya yang secara literal berarti kotak makaroni, makanan ini biasanya dimasak dalam wadah. Wadah yang dipakai harus tahan panas karena Macaroni Casserole ini akan dimasak didalam oven.

Lumpia-lumpia Kubis atau Cabbage Rolls

Punya sebutan Kaalikääryleet, menu khas negara-negara eks-Uni Soviet ini memang sudah menjadi makanan yang dinanti-nanti saat musim panas. Kala itu, kubis-kubis produksi dalam negeri masih baru dipanen dan rasanya hampir-hampir manis. Terbuat dari daging cincang rebus yang dicampur dengan nasi dan cacahan kubis juga, kaalikääryleet biasa disantap dengan selai lingonberry rumahan dan kentang segar yang baru dipanen : Uusia Peruna. Selain jenis kentang yang nanti aku jelaskan di paragraph berikutnya ini, si lumpia kubis ini bisa juga disantap dengan Mashed Potato a.k.a kentang tumbuk. Jadi, ternyata orang Finlandia makan nasi juga ya walau *ehem bule.

Penampakan kaalikääryleet kalau sudah dalam piring nampak merah merona, ini dikarenakan selai lingonberry yang aslinya memang merah darah. Selai bikinan rumah dijamin enggak pakai pewarna palsu!

Uusia Peruna

Secara literal berarti kentang-kentang baru. Padahal arti sesungguhnya adalah kentang di musim yang baru. Kentang yang baru saja dipanen. Kentang yang saking masih mudanya, manisnya belum jadi pati. Yang asli ditanam di Finlandia, berkualitas tinggi dan harganya mahal bisa ditemukan sekitar bulan Juni hingga Juli di pasar-pasar di semua wilayah Finlandia. Toko-toko grosir sering juga mengimpor dari Spanyol dan Swedia agar di bulan April orang Finlandia sudah bisa makan kentang yang khas musim panas. Gosip wikipedia menyebutkan bahwasanya yang namanya Varhaisperuna yang asli Finlandia (berarti kentang awal) sempat bersaing dengan kentang awal yang berasal dari Swedia.

Direbus dengan dill yang baru dipanen, Uusia Peruna adalah sebuah kebahagiaan dan perwujudan musim panas di sebuah negara Nordik seperti Finlandia. Harapan akan matahari yang bersinar, pepohonan yang menghijau dan bunga merekah yang santai.

Hampurilainen

Hamburger. Sebuah burger yang isinya bukan ham, tetapi patty biasa yang terbuat dari daging sapi (biasanya), daging rusa, dan kadang ikan. Hampurilainen itu biasanya menjadi menu utama di restoran-restoran fancy ataupun pedagang kaki lima di stasiun kereta. Penulis mengira, makanan ini menjadi populer sejak kedatangan para pelaku dunia kuliner yang maha kurang ajar dari negeri Paklik Sam. Kenapa? Karena sejatinya kalo masalah makanan ringan tapi berat, orang Finlandia sudah mutakhir dengan Grilli-nya. Sejenis food house(semarga dengan food truck red.) yang jualan makanan murah level jalanan, nan serba profesor di bidang gorengin-sausin-rotiin. Se-DNA dengan orang Indonesia yang profesor doktor di bidang gorengin-sambelin.

Salah satu contoh burger ikan: gorengan nugget ikan ditumpuk-tumpuk diantara 3 roti lalu diguyur saus tartar nyelekit tapi legit. Kenikmatan dijamin hingga surga nomer sembilan belas.

Karjalanpaisti

Bernama Karelian hot pot dalam bahasa Inggris, adalah menu paling terkenal dari wilayah di Finlandia yang namanya Karelia. Terdiri dari potongan besar daging sapi, daging babi, daging rusa besar dan sebagainya, taste sup daging ini light dan gurih. Resep ini juga adalah resep slow-cooking asli Finlandia, menurut penulis. Ranjau-ranjau merica hitam utuh sering menjadi ciri khas utama stew ini. Selain daging ada bawang bombay dan wortel pada Karjalanpaisti, disantap dengan potongan kentang dan acar ketimun yang asam segar.

Sup Daging lezat a la Karelia ini disajikan pada semua musim. Kini juga semakin populer karena daging mudah didapat di Finlandia.

Lihakeitto

Dibaptis sebagai Meat Soup, menurut penulis si Lihakeitto ini lebih mirip sop sayur a la Indonesia yang gurih cenderung manis. Perbedaannya ada pada jenis sayur yang dipakai dan daging cincang yang ditambahkan di Lihakeitto. Sayur yang digunakan pada lihakeitto lebih pada kentang, wortel, akar seledri, rutabaga(ayo cari tahu sendiri ke mbah Google!), dan polo kependem Finlandia lainnya. Sementara sop sayur a la Indonesia yang penuh dedaunan tipis panjang tipikal daun kubis, daun seledri dan gorengan bawang merah.

Berdasar pengalaman penulis di restoran orang asli Finlandia, favorit semua orang adalah si daging dan kentang ini. Kalau kuah sopnya bukan yang paling dicari.

Porsaankyljys

Pork chops alias potongan daging babi cukup populer juga di Finlandia. Terlebih karena daging babi memiliki kadar lemak lebih banyak dan harganya lebih murah daripada daging sapi. Resep-resep porsaankyljys (dibaca porsaankuljus) cukup beragam tergantung para kokinya dan ketersediaan bahannya.

  • Ada yang dimarinasi dahulu,
  • ada yang digoreng dengan tepung panir,
  • ada yang polos lalu mengandalkan saus untuk memberi rasa.
Potongan daging babi polos begini yang biasanya disajikan oleh koki di restoran trendi karena kemudian bisa menampilkan performance menuang saus yang gaya. Atau mau menaburi garam dengan berlebihan laiknya Salt Bae? Sajikan cara memotong daging a la butcher Turki itu!

Joulukinkku

Ngomong-ngomong soal performance, rasanya tidak ada yang lebih klasik daripada adegan kepala keluarga mengiris kalkun atau ham di meja makan. Tambahkan bekgron perapian menyala, makanan berjejer-jejer di meja dan sepuluh orang mengelilingi dia sambil ngiler mengangkat gelas wine!

Nah di Finlandia packingmate bisa mencoba mempraktekkan adegan itu dengan Joulukinkku atau Christmas Ham ini. Sepotong daging babi utuh seberat 7-10 kg diiris? Wao! Sungguh instagramable dan hypebeast! (kalau kita masih tinggal di abad 19) Karena akhir-akhir ini Finlandia dilanda demam makanan vegan dan vegetarian, sudah jarang ada adegan memotong daging ham seperti itu. Padahal masaknya setengah mampus: dioven 6 jam lebih, pas lagi hot-hotnya harus segera mengelupas plastik dan jaring pembungkusnya, trus lumurin saus dan balikin ke oven lagi lantas nunggu lagi. Itupun belum ngitung capeknya pas menggotong si daging dari lemari beku di market ke rumah lalu mencairkan selama berhari-hari. Tetapi begitulah packingmate sekalian,

Nothing good comes easy

said someone, somewhere out there
Ham Natal memang lebih tebal irisannya daripada ham biasa yang dimakan orang Western pada sandwhichnya. Tetapi itu lebih ke preference alias kesukaan orang beda-beda. Lazimnya sih, orang makan lebih banyak saat liburan, jadi potongan dagingnya lebih tebal.

Naudanpihvi

Inilah jenis daging lainnya, tapi dari sapi: Beef Steak. Orang Finlandia tidak malu-malu saat mereka makan daging. Hampir semua binatang berkaki empat bisa menjadi santapan termasuk beruang, rusa besar, kancil dan sapi. Resep steak daging sapipun hampir sama dengan resep-resep makanan western diluar sana. Malahan kualitas daging sapi di Finlandia boleh dibanggakan apalagi dengan kualitas dairy product mereka yang banyak diburu di Rusia.

Resep steak Khatarina Dian ada di instagram @ KhatarinaDian untuk kualitas steak yang khas western tapi tetap lezat.

Pelmeni

Pertamakali saya mengenal makanan ini, betul-betul terpesona. Enak, murah, gampang, pokoknya joss! Usut punya usut, ternyata Pelmeni sudah populer lama terutama di kalangan mahasiswa di Rusia. Mirip dengan pangsit Tiongkok, kulitnya terbuat dari adonan tepung, air dan telur. Sedangkan isiannya terbuat dari daging domba atau campuran sapi dan babi. Kita belinya langsung udah frozen, sampai rumah cuma tinggal cemplungin ke air panas dan tunggu dia naik ke permukaan. Persis cara bikin pentol bakso ya!

Bola-bola pelmeni yang enak, kenyal, dengan permukaan halus hasil mass-production ini tetap spesial di Finlandia!

Savulohi

Salmon yang sudah diasap, dinamai Smoked Salmon, berharga cukup mahal di Finlandia. Semakin berlemak, semakin enak! Karena wilayah air Finlandia berupa air tawar, kebanyakan salmon diimpor dari negara tetangga, Norwegia.

Kilauan lampu berpendar dari lemak si Smoked Salmon ini. Tetapi jangan risau, itulah lemak sehat dari dia!

Demikianlha 15 makanan yang bisa kamu dapatkan di Finlandia. Masih banyak lagi beragam makanan masih belum tersaji di artikel kali ini !

Kalau ingin tahu gimana penampakan makanan-makanan ini, packingmate bisa langsung ke Channel Youtube : Finlandia Dan Aku

Terimakasih sudah membaca dan salam sehat dari Finlandia!

Moi-moi!

Sumber :

  1. Pengalaman pribadi admin : Khatarina Dian, orang Indonesia yang lahir di Blitar dan sekarang menetap di Finlandia. Dia adalah koki lulusan kampus Suomen Diakoniaopisto di Helsinki. Dapur miliknya adalah dapur mini standar apartemen dengan 1 oven, 4 pengapian dan 1 penyedot udara/exhaust hood.
  2. Pengalaman hasil dari magang admin di restoran Fazer Amica di Pasila – Helsinki, dibawah bimbingan keittiömestarinya.
  3. Berbagai artikel terpercaya pilihan di wikipedia
  4. Semua foto adalah milik admin : Khatarina Dian. All Rights Reserved. 2020.