Ide untuk menulis artikel ini muncul saat kami mengadakan perjalanan jauh kami yang pertama. Suami terinspirasi untuk mencari memutar-mutar kenop radio dimobil dan kami mendapati bahwa hanya beberapa stasiun yang suaranya stabil meski sudah keluar dari ibukota, Helsinki. Sembari menikmati pemandangan ladang berselimut salju, kami menikmati suara jernih  Ed Sheeran dari radio. Yap, ini dia radio-radio keren yang mengudara disekitaran Helsinki ceria!

  • Radio Rock = Ini radio pertama yang aku dengerin di Finlandia, thanks to the loving husband! Sayangnya siaran mereka nggak coverage the whole Finland. Jinglenya catchy banget, bikin mata melek selama winter yang serba gelap karena mendung (selain memang karena lagu-lagu yang diputar upbeat). Paling sering putar lagu-lagu ballad rock ’80-an bahkan kadang lagu-lagunya itu-itu aja. Macam Queen, Metallica, dan Guns’ N Roses. Tapi ada kalanya Kingston Wall, Anssi Kela (penyanyi lokal), . Ah ya, siaran antara jam 6 pagi sampai jam 11 siang biasanya dengan host Jussi Heikelä dan Harri Moisio. Rada slengek-an kalo aku bilang. Komentar-komentar mereka khas cowok Nordik yang cuek, anti-kapitalis, dan agak nyindir. Paling demen kalo ada Jussi Lampi dengan suara bassnya yang OooBEIBEH bikin pagi kita lebih gimanaaa gitu. Trus Jone Nikula yang sarkastis dengan komentar-komentarnya mengenai beragam berita; mulai dari ISIS sampai ibu hamil.
  • The Voice = Lagu-lagu yang diputar bernuansa modern dari pop, rap, sampai rock, berbahasa inggris, finlandia, kadang swedia atau rusia. Stasiun ini cocok buat yang lagi belajar bahasa Finlandia. Berkat radio ini juga aku dapetin daftar lagu berbahasa finlandia yang enak buat belajar bahasanya yang ajaib. Easy listening, ramah di kuping, dan nge-hostnya juga seperlunya aja… hihi.. Lagu-lagu yang diputar seperti karya Jari Sillanpää yang enak, Robin, sampai Arttu Wiskari.
  • Radio Nostalgia = Sesuai namanya memang memasang lagu-lagu lawas baik berbahasa finlandia maupun inggris.
  • Radio Suomi POP = Mendeklarasikan diri sebagai radio yang memutar artis lokal yang sedang populer, meski ternyata juga memutar lagu lawas juga. Menyajikan lagu-lagu berbahasa finlandia dari Johanna Kurkela yang empuk, Popeda (grup band rock dari Tampere), sampai penyanyi wanita kondang , Kaija Koo.
  • Groove FM = Kangen MTV di finlandia? Boleh coba stasiun ini. Groove FM memutar lagu-lagu berbahasa Inggris sepanjang hari. Hanya iklan dan hostnya yang memakai bahasa suomi (finlandia), itupun mudah dihapal kok. Groove enak dinikmati sembari nyetir putar-putar Helsinki. Ia memutar segala tipe musik dari musik pop, rap, soul, rock, jazz sampai Ska.

*Update 14 April 2018

  • Kiss = Radio yang ini aku temukan setelah mulai magang ditempat kerja di Helsinki. Ternyata ia memang cuma muter lagu. Full musik aja tanpa iklan maupun cas cis cus penyiar radio. Lagu yang diputar biasanya lagu yang sedang populer. Entah itu berbahasa Inggris atau bahasa Suomi. Ya namanya lagu yang lagi populer, pastinya enak-enak buat kita yang muda-muda ini hahaha . . .

Tips buatmu untuk mendengarkan radio di Helsinki secara live bisa klik disini. Kamu bisa memilih puluhan stasiun radio dari berbagai kota di Finlandia. Sedikit disclosure saja bahwa rekomendasi ini tanpa promosi dari pihak radio manapun.

Sumber :

1. Pengalaman pribadi (dan suami)

2. Wikipedia

3. livetaajuus.fi

4. voice.fi

5. Radionostalgia.fi

6. radiosuomipop.fi

7. www.kiss.fi