Buku, salah satu hiburan dalam penerbangan panjangku.

Buku, salah satu hiburan dalam penerbangan panjangku.

Tahukah packingmate berapa lama perjalanan dari Indonesia ke Finlandia? Totalnya antara 18 sampai 26 jam perjalanan, tergantung tiket yang tersedia. Kedengarannya rada ekstrim ya?! Gak bosen diudara?, tanyamu pasti. Jawabku, “Kadang-kadang”. Yang pasti, ngantuk. Pas pertama kali terbang dulu takut banget, loh. Apalagi takutnya berjam-jam gitu (namanya juga penerbangan panjang!)

Bagiku, kalau sekarang sih relatif sudah siap daripada sebelumnya. Jadi postingan kali ini aku membagi beberapa tips untuk tetap enjoy meski badan dan perasaan rada gamang saat diudara. Percayalah, wahai packingmate sekalian, berdoa aja nggak cukup apalagi kalau cuaca sedang jelek dan pilotnya rada suka bercanda . . .

Pertama, menurutku pribadi, ketenangan hati hanya bisa didapat dari pemahaman dan kepercayaan diri jadi usahakan kamu mempercayai maskapai yang kamu naiki. Sedikit investigasi (meng-google boleh disebut investigasi lah yau ^_^) tentang kualitas maskapai, standar keramahan pramugari/pramugara dan datang tepat waktu, misalnya, perlu banget. Lama perjalanan, rute perjalanan dan bocoran fasilitas tuh bagus untuk diketahui. Dengan demikian kita siap menghadapi resiko apapun dan waspada.

Kedua, tahu diri dan pasrah menghadapi sedikit ketidaknyamanan saat diudara. Kalau packingmate memang ada di kelas coach, memang kadang kita bisa mendapat tempat duduk yang kurang lebar, misalnya. Kalau begitu, usahakan packingmate sering stretching dan jalan-jalan dalam pesawat agar badan tidak letih. Menjaga hubungan dengan teman sederet minimal senyum dan say Hi. Selain itu kurangi mengeluh dan fokus pada ketenangan batinmu.

Ketiga, pakai baju yang nyaman lagi aman selama perjalananmu. Rasanya perhiasan-perhiasan mahal tak perlu dikenakan malah biasanya amat merepotkan. Perhiasan bisa jatuh, bahkan hilang padahal berkas asuransi perhiasan jarang dibawa dalam perjalanan. Sedikit tips dariku, topi dan syal saja sudah cukup bagimu yang suka dandan. Coba lihat Rosie-Huntington-Whiteley mana pernah pakai perhiasan bergelantungan saat di bandara. Keep it simple, keep it cool, mate!

Keempat, persiapkan bacaan paling menguras konsentrasi. Tulisan-tulisan Albert Einstein dan Leonardo Da Vinci bisa jadi awal yang bagus. Aku adalah satu diantara orang yang rajin mengumpulkan koran gratis yang selalu disediakan dipintu pesawat saat kita boarding. Selain menarik untuk membaca sudut pandang wartawan luar negeri, hari-tanggal-tahun yang tertera di koran tersebut menjadi semacam memori daun pisang atas perjalananku itu… hihihi..

Kelima, pesawat yang dipakai untuk penerbangan  panjang seperti ini biasanya dilengkapi dengan film-film klasik yang asyik untuk ditonton kembali. Kenapa tidak menonton lagi sembari menikmati refreshments gratis? Pasang headphone yang sudah disediakan, luruskan kaki, ambil cemilan dan nikmatilah semuanya dengan tenang. Dijamin 20 jam pun tak terasa tambah lagi segala perasaan gamang selama diudara lenyap seketika.

Keenam, tidur. Istirahat setelah memakai pelembab bibir, selimut dan masker wajah itu nyaman luar biasa. Mungkin kita akan dibangunkan saat waktunya makan tiba tapi itupun tak mengapa. Bawalah bantal leher kita sendiri agar kepala tersangga sempurna. Tidur juga membuat wajah kita terlihat segar saat mendarat nantinya. Ini juga adalah rahasia para selebritis, model dan sosialita untuk tampil segar saat ada paparazzi menanti di bandara.

Ketujuh, jangan lupa mengunyah permen karet beberapa jam sekali terutama saat pesawat landing dan take-off. Kusarankan ganti dengan cemilan atau cokelat kalau packingmate sekalian membawa bayi atau anak kecil dalam penerbangan. Tips ini tepat untuk mencegah gangguan pendengaran saat dalam penerbangan panjang. Biasanya tenggorokan juga agak bermasalah kalau kita jarang menelan ludah dalam penerbangan, jadi pakailah tips ini sebaik-baiknya.

Nah, kali ini tujuh tips yang semoga bermanfaat untuk kamu yang hendak menikmati penerbangan panjang. Apakah kamu punya tips lain yang bisa kamu bagi disini? Kalau iya, silakan ketik di komentar di bawah ini ya! Bon Voyage!

 

SUMBER :

  • Pengalaman pribadi
  • What To Wear On The Plane — www.apairandaspare.com