View from An airplane

Journey to the top of the world, begin with a single step.

Sebuah perjalanan, seberapapun jauhnya; memang harus diawali dengan sebuah langkah pertama.

Langkah pertamaku untuk menuliskan perjalanan ini beberapa minggu yang lalu mendapat respon positif dari teman-teman pembaca. Hal ini membuatku lebih bersemangat untuk memulai bagian kedua. Pada bagian ini yang akan aku bagikan kepada kalian adalah merencanakan perjalanan itu. Oke oke, aku tahu kalian lebih suka yang spontan dan tidak terencanakan secara detil. Tapi ingat, ini perjalanan keluar negara Indonesia. Bagiku ini adalah perjalanan pertama keluar dari Asia Tenggara dan pertama kali masuk Eropa. Cewek backpackeran sendiri, ketempat dimana tidak ada keluarga yang dituju, pergi ketempat yang bahasanya mungkin tak bisa dipahami sama sekali, dan kamu mau aku asal pesen tiket aja? Sama sekali bukan gayaku. Nggak usah deh, makasih! πŸ˜€

Rencana 1 = Mencari Tiket
Ada 3 hal yang aku perhitungkan saat berburu tiket ini yaitu harganya harus murah, sesuai dengan jadwal liburanku dan disesuaikan dengan permintaan kedutaan Finlandia yang meminta itinerary (rencana perjalanan yang mencakup keberangkatan dan kedatangan). Aku punya pengalaman yang tidak terlalu mengenakkan saat mencari tiket dan hampir hanguslah tiketku. Akhirnya aku hati-hati banget karena walau aku punya pendapatan yg relatif cukup tapi tiket murah adalah keharusan. Aku mengira bahwa agen-agen tiket memiliki harga yg jauh lebih murah daripada mencari sendiri. Kenyataannya, kebanyakan malah lebih mahal daripada yang bisa kita dapatkan. Khusus untuk perjalanan ke Finlandia, seorang kenalan yang sudah tinggal disana memberiku link ke http://www.eticket.fi/en/Β , jadi lebih mudah untuk mencari tiket secara online. Pas mencari tiket ini aku nggak langsung β€˜bayar’ tapi masih pesen aja, istilahnya Booking dulu trus bayarnya belakangan setelah positif dapet Visa masuk ke Finlandia (cara dapetin visanya nanti aku jelasin).

Beberapa tip yang aku dapat dari orang-orang, komunitas backpacker, internet dan sebagainya antara lain:
1.Cari informasi tentang tiket sejak jauh-jauh hari. Nah triknya adalah terus mencari harga paling murah melalui semua cara. Bisa pakai skyscanner.com atau tanya ke agen perjalanan. Nah, tip ini juga jadi bumerang buatku karena aku percaya aja harga agen yg sekitar 13 jutaan padahal aslinya bisa kok dapet harga lebih murah kalo kita rajin menjelajahi internet (saat itu aku sudah mencari sejak 6 bulan sebelum keberangkatan). Walau akhirnya bisa dapet tiket dibawah Rp 9juta beberapa minggu sebelum hari H, tapi sampai saat ini aku masih merasa kalau saja aku tahu tentang link eticket.fi itu jauh-jauh hari, pasti uang yang kukeluarkan tidak sebanyak itu. Tapi itu pengalaman yang sangat berharga dan agen perjalanan sebenarnya juga bisa menguntungkan hanya kita harus mengingat bahwa rata-rata mereka juga hanya mencari lewat internet.
2. Rajin buka website yang suka menyebar promo. Salah satu diantaranya adalah AirAsia.com dan Jetstar yang termasuk lowcost airlines (Maskapai penerbangan berbudget rendah yang sekarang sedang naik daun). Oh ya, inget ya,, cari maskapai yang melayani rute dari Indonesia ke Eropa. Ada cerita lucu tentang teman yang punya kebiasaan susah tidur dan iseng-iseng buka website dan mencari tiket saat jam 3 pagi malah berhasil mendapatkan tiket Rp. 0 ke Filipina. Luar biasa!
3. Jangan pernah membeli dulu tiket ini walau seberapapun murahnya bila belum memiliki visa ke negara tujuan. Percayalah, masih banyak tiket didunia ini yang menanti untuk kamu beli. Kita tak mau membuang jutaan rupiah hanya untuk kegilaan sesaat kan?!
4. Utamakan memilih tiket yg punya itinerary/ rincian perjalanan. Sebagian besar kedutaan-kedutaan negara di eropa meminta itinerary ini sebagai salah satu syarat mutlak mengajukan visa. Jangan khawatir, sekarang ini hampir semua maskapai menyediakan itinerary yang bila booking secara online, bisa kita dapatkan seketika itu juga.

Nah, rencana 1 ini didominasi keuletan, ketelitian dan faktor keberuntungan. Jadi sejak awal tekadmu untuk mengunjungi Finlandia dengan murah sudah diuji. Seperti kata Yoda = May the force be with you! πŸ™‚

Ohya, kalau sempat, silakan mampir sejenak melihat-lihat http://khatarinadian.tumblr.com/ yah πŸ™‚ Makasiihhh .. Kiitos .. Arigatou gozaimasu